Advertisement Section
Header AD Image

Banyak Event Bakal Digelar, 3000 Event Besar Bakal Sumbang Ekonomi 160 Triliun

Matras News – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno, memastikan konser Coldplay merupakan satu di antara ribuan event yang akan digelar di Indonesia tahun ini.

Selepas berakhirnya pandemi Covid-19, aktivitas di sektor event dan ekonomi kreatif lain akan menggeliat. Bahkan lebih besar dari sebelumnya.

Sandiaga Uno memprediksi ada 3.000 event yang akan diadakan di Indonesia pada tahun ini. Sama halnya dengan konser Coldplay, ribuan event tersebut akan membawa dampak terhadap ekonomi.

Sandiaga Uno mengatakan, dampak terhadap ekonomi dari prediksi ribuan event tersebut mencapai Rp160 triliun. Dampak ekonomi itu dirasakan baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Dampak dari sektor event ini tentu saja membawa nilai ekonomi yang dirasakan langsung maupun tidak. Prediksi kami itu akan ada 3.000 event yang akan digelar. Itu tadi dampak ekonominya bisa mencapai Rp160 triliun,” ucap dia.

Banyaknya event yang digelar tersebut dapat disimpulkan bahwa geliat ekonomi kreatif di Indonesia besar. Apalagi ribuan event yang bakal diselenggarakan ini tidak hanya bertaraf nasional, melainkan internasional.

“Sektor ekonomi kreatif ini memang potensinya besar dan dampaknya juga besar. Tentu kita senang ini bisa membawa nilai ekonominya yang dirasakan masyarakat,” ucap dia.

Salah satu acara terdekat yang bakal digelar, yakni Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (JEJAKK) Kreatif Indonesia 2023 di Semarang, 19-21 Mei 2023.

Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 dirancang untuk mendorong inisiatif dari setiap kabupaten/kota yang sudah lulus uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) untuk mengadakan kegiatan bersama sebagai wujud komitmen berjejaring dalam skala nasional.

Perhelatan Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 ini akan dihadiri oleh para pelaku ekonomi kreatif dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari 30 KaTa Kreatif yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebelumnya.

Pagelaran akbar ini merupakan hasil kerja sama antara berbagai pihak seperti Kemenparekraf, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, komunitas, hingga para stakeholder.

Sandiaga Uno optimistis Semarak JEJAKK Kreatif Indonesia 2023 akan memiliki dampak positif dalam menciptakan peluang lapangan kerja baru yang berkualitas.

“Saya optimis dengan pengembangan program yang tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat manfaat seperti KaTa Kreatif, para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM dapat menemukan solusi bagi kendala yang dihadapi. Hal ini tentunya akan berdampak positif dalam menciptakan peluang lapangan kerja baru yang berkualitas,” ujar Sandiaga Uno. (*)