Advertisement Section
Header AD Image

BIN Cigar, Destinasi Wisata Kreatif Berskala Internasional

Matras News, Jember – Jember dikenal sebagai kota tembakau. Betapa tidak logo pemerintah daerah dan Universitas Jember pun menggunakan tembakau. Tak heran, di kota ini, terdapat destinasi unik yang siap memanjakan wisatawan, yakni wisata cerutu. Lokasi wisata cerutu ada di Jalan Brawijaya Desa Jubung Kecamatan Sukorambi.

Cerutu asal Jember ini, cerutu yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik nomor 2 di dunia. Selain itu, Jember juga mendeklarasikan diri sebagai kota cerutu Indonesia. Setahun sekali di Jember diselenggarakan event nyigar atau menikmati cerutu bersama.

BIN Cigar telah membuka pintu untuk umum (destinasi wisata kreatif) akan tetapi mereka memiliki syarat (regulasi) yang harus di penuhi setiap pengunjung sesuai dengan urgentsitasnya masing-masing.

Wisatawan akan diperlihatkan sejarah tembakau melalui audiovisual. Mulai dari sejarah pabrik tahun awal hingga sekarang. Setelah itu wisatawan akan diajak masuk ke dapur pembuatan cerutu, Wisatawan yang berkunjung bisa langsung melihat dan mengikuti proses pembuatan cerutu. Berdasarkan karakteristik pariwisata kreatif BIN Cigar ini sudah termasuk kategori yang terpilih. Produk yang dihasilkan merupakan salah satu identitas dari Kabupaten Jember.

Wisatawan tak hanya melihat, namun juga diajak untuk praktik membuat cerutu. Selain itu, destinasi ini juga menyediakan tempat khusus bagi wisatawan untuk memotret suasana pembuatan cerutu dari lantai dua.

Menariknya, salah satu varietas tembakau yang yang digunakan untuk cerutu ini berasal dari Kuba. Negara yang terkenal dengan salah satu produksi cerutu terbaik di dunia. Varietas tersebut sudah dikembangkan dan bisa tumbuh di tanah Jember. Cerutu ini sudah diekspor ke berbagai Negara Asean, Amerika dan Eropa. Mulai dari Turki, Yunani, Belanda, Rusia, Thailand, Denmark dan lainnya. Bila ingin belanja cerutu,

BIN Cigar juga menyediakan outlet berbagai produk cerutu di sebelah pabrik. Mulai dari cerutu paling kecil hingga besar. Seperti produk Agusto,Elnino dan beberapa nama unik lainnya.

Para Pekerja di pabrik BIN Cigar ini juga merupakan warga sekitar tetapi adapula yang berasal dari daerah sekitar jember. Sekitar 3000 orang di pekerjakan.  

(her)