Advertisement Section
Header AD Image

Ikan Louhan Kembali di Minati di Tengah Covid-19

Matrasnews.com – Memelihara dan membudidayakan memang gampang-gampang susah. Selain tanaman hias, ikan cupang, maskoki, hingga louhan tak kalah menarik untuk dipelihara dan dibudidayakan.

Saat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada awal tahun 2020, semua sektor berjatuhan tak terkecuali budidaya ikan louhan.

Ikan Louhan yang pernah jadi primadona pada tahun 2004-2007 silam kini di tahun 2021 kembali digandrungi oleh masyarakat pencinta ikan louhan.

Baca Juga : Bisnis Ikan cupang Kembali Booming dan Mulai Beranjak Naik

Peternak Ikan Louhan Eman menyatakan, awalnya memelihara ikan yang memiliki ciri khas benjolan di kepalanya itu dari pemberian saudaranya.

Kini, dirinya tak menyangka bahwa hewan tersebut kembali diminati oleh masyarakat pada situasi masih pandemi. Bahkan, penjualan dari ikan hias itu bisa menambah pemasukan bulanannya.

“Pertama kali memperoleh ikan louhan dari temannya. Namun, karena mampu menjadi daya jual ia kini telah memiliki puluhan ekor ikan lohan dan membudidayakannya,” kata Eman, Selasa (29/06/2021).

Dia mengaku menjual ikan louhan itu dengan harga bervariatif, dimulai dari ratusan ribu rupiah hingga Rp4 juta, tergantung jenis ikan dan ukurannya.

Dalam perawatan ikan hias tersebut tidak susah, yakni sama seperti ikan lainnya, seperti dengan rutin pemberian makan dan penggantian air 3 hari sekali.

“Selain memiliki keunikan di tubuhnya, ikan louhan ini sendiri memiliki mitos sebagai ikan pembawa keberuntungan,” ujarnya.

(*) Matrasnews.com