Advertisement Section
Header AD Image

Desa Ara Bulukumba Masuk 50 Besar Ajang ADWI 2021

Matras News – Desa Ara, Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, berhasil masuk 50 besar, Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang di selenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Salah satu desa andalan yang didaftarkan Bulukumba ini selain punya spot wisata yang mumpuni, juga ternyata merupakan gudang para ahli pembuat perahu pinisi, yang sudah masuk dalam daftar warisan budaya dunia United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Kepala Desa (Kades) Ara, Amiruddin, membenarkan hal tersebut, hal itu diakui menjadi kebanggaan yang luar biasa untuk Bulukumba. Karena dari ribuan desa yang diusulkan di ADWI se Indonesia, ada wakil Bulukumba.

“Iya benar, saya juga kaget waktu dapat informasinya. Tapi kami juga bersyukur, dan pencapaian 50 besar ini tidak semata-mata kami dapatkan,” kata Amiruddin.

Kades bergelar doktor itu menjelaskan, jika Desa Ara memang sarat akan, religi, sejarah dan wisata. Di desa ini, kata dia, banyak situs-situs bersejarah, seperti misalnya Goa Purbakala Lajayya, Goa Jeppola, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Pelopor Ekosistem Kota Kreatif Berkelanjutan Hadir di Bali

“Belum lagi spot wisata yang tak kalah dengan spot wisata di daerah lainnya. Seperti Tebing Apparalang dan juga Pantai Mandala Ria,” tambah Amiruddin.

Yang tak kalah penting, lanjut mantan legislator DPRD Bulukumba itu, Desa Ara memiliki banyak potensi budaya. Seperti ada Tari Salonreng, yang dalam setiap acara, termasuk acara pernikahan dan hajatan lainnya turun temurun dipentaskan.

“Dan perlu diketahui juga, Desa Ara ini tempatnya ahli pembuat Perahu Pinisi,” jelas Amiruddin.