Advertisement Section
Header AD Image

Es Pisang Ijo Lezatnya Es Krim Tradisional dari Makassar

Matras News – Es Pisang Ijo adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Hidangan ini memiliki cita rasa manis dan menyegarkan, menjadi favorit masyarakat tidak hanya di daerah asalnya tetapi juga menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Artikel ini akan membahas tentang asal-usul, bahan-bahan, cara pembuatan, dan keunikannya.

Asal-Usul Es Pisang Ijo

Es ini telah menjadi bagian dari kuliner tradisional Makassar sejak lama. Konon, hidangan ini berasal dari seorang pedagang wanita bernama Ijo yang tinggal di daerah Makassar pada zaman dahulu.

Ijo menciptakan hidangan ini dengan mengkombinasikan pisang dan adonan tepung yang kemudian dimasak dalam air berwarna hijau dari daun pandan. Hidangan ini kemudian dikenal dengan nama “Es Pisang Ijo” untuk menghormati sang penemu.

Bahan-Bahan dan Cara Pembuatan

Es Pisang Ijo terbuat dari bahan-bahan sederhana dan alami, sehingga menciptakan rasa yang autentik dan khas. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

Pisang raja matang (pisang kepok) yang sudah dikupas dan dipotong menjadi beberapa bagian.

  • Tepung ketan atau tepung beras yang dicampur dengan air pandan dan pewarna hijau alami.
  • Daun pandan untuk memberikan aroma khas dan warna hijau pada adonan tepung.
  • Air kelapa atau santan sebagai campuran pada adonan tepung.
  • Gula merah dan air untuk membuat sirup gula merah sebagai pemanis dan siraman es pisang ijo.
  • Proses pembuatan Es Pisang Ijo dimulai dengan menghancurkan pisang raja matang hingga lembut dan dibentuk seperti bola-bola kecil.
  • Kemudian, bola-bola pisang ini dibalut dengan adonan tepung pandan yang telah dibentuk tipis seperti kulit. Adonan tepung dan pisang ini kemudian direbus hingga matang.
  • Selanjutnya, disajikan dengan cara dicampurkan dengan air kelapa atau santan dan diberi sirup gula merah di atasnya.

Hidangan ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin dengan es batu, sehingga menghasilkan cita rasa yang menyegarkan.

Keunikan Es Pisang Ijo

Memiliki beberapa keunikan yang membuatnya berbeda dari hidangan es lainnya. Salah satunya adalah tekstur adonan tepung yang kenyal dan lembut yang membungkus bola-bola pisang.

Selain itu, aroma pandan dan warna hijau alami dari daun pandan memberikan kesan segar dan alami pada hidangan ini. Kombinasi antara manisnya pisang, kenyalnya adonan tepung, dan gurihnya santan atau air kelapa menciptakan harmoni rasa yang sempurna.

Kesimpulan

Hidangan es krim tradisional yang lezat dan menyegarkan dari Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Hidangan ini memiliki sejarah panjang dan menjadi bagian dari warisan kuliner Indonesia.

Dengan kombinasi rasa manis dan gurih yang khas, telah menjadi favorit banyak orang dari berbagai kalangan.

Jika Anda berkunjung ke Makassar atau daerah lain yang menyajikan hidangan ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan dan keunikan yang memikat lidah.