Advertisement Section
JAPFA dan UNHAS Tandatangani Nota Kesepahaman

JAPFA dan UNHAS Tandatangani Nota Kesepahaman

Matras News – Komitmen PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan, khususnya di bidang peternakan diwujudkan dengan pemberian fasilitas kandang untuk Perguruan Tinggi Negeri di berbagai wilayah di Indonesia.

Kali ini, JAPFA bersama Universitas Hasanuddin (UNHAS) menandatangani Nota Kesepahaman “Pembangunan Kandang Closed House Teaching Farm untuk Budidaya Ayam” di kawasan kampus UNHAS, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pembangunan kandang closed-house dengan luas sekitar 1.500 m2 tersebut sekaligus mendukung implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian serta Pengabdian Masyarakat di Fakultas Peternakan UNHAS. 

Kandang dengan populasi mencapai 24.000 ekor tersebut, diperkirakan akan rampung pada akhir tahun 2024 ini. Total investasi yang digelontorkan JAPFA mencapai Rp3 milyar.

Rektor UNHAS, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan, “Terima Kasih kepada JAPFA yang telah berkontribusi secara signifikan, tidak hanya untuk kami, tapi untuk semua pihak.

Membangun UNHAS sama dengan membangun Indonesia, karena kami berperan penting dalam melahirkan generasi muda penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing.

Selain itu, dengan membangun UNHAS, juga mempercepat pembangunan wilayah Timur Indonesia. Saya harap, inisiatif JAPFA ini dapat menarik teman-teman di industri untuk bisa berkolaborasi, karena peternakan adalah masa depan. Terutama, karena protein hewani adalah salah satu sumber utama makanan kita.”

Direktur Corporate Affairs JAPFA, Rachmat Indrajaya mengungkapkan, “Pemberian hibah berupa kandang unggas ini merupakan wujud kontribusi JAPFA pada regenerasi peternak di Indonesia.

Dengan adanya kerjasama ini, kami berharap dapat memberikan dampak positif di industri peternakan Indonesia khususnya perunggasan, serta lebih jauh lagi memberi jaminan akan pasokan protein hewani berkualitas yang terjangkau bagi masyarakat.

Selain itu, diharapkan dapat menjadikan perunggasan Indonesia berdaya saing unggul di kancah internasional.”

Pemberian hibah kandang serupa pernah dilakukan JAPFA di sejumlah lembaga pendidikan lainnya, diantaranya UGM, Universitas Brawijaya, Universitas Syiah Kuala, dan Pesantren Modern Al-Barokah Simalungun.

Hingga yang terbaru ialah pembangunan Poultry Research Farm di IPB University yang diresmikan pada awal tahun 2023.

Di Teaching Farm, JAPFA akan membagikan ilmu praktis mencakup pemeliharaan ternak, pemantauan kesehatan hewan, memastikan biosekuriti, sekaligus manajemen bisnis peternakan.