Advertisement Section
Lalu Gita Ariadi Kantongi Dukungan untuk Pilkada NTB 2024

Lalu Gita Ariadi Kantongi Dukungan untuk Pilkada NTB 2024

Matras News, NTB – Mantan Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat Lalu Gita Ariadi menyatakan kesiapannya untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah, atau Pilkada NTB 2024 mendatang.

Pernyataan ini disampaikan setelah ia menuntaskan masa tugasnya sebagai Penjabat Gubernur selama sembilan bulan.

“Selama masa jabatan, empat tugas utama telah kami selesaikan,” ujar Gita Ariadi kepada wartawan, Jumat 21 Juni 2024.

Gita merinci empat tugas tersebut meliputi penanganan kemiskinan ekstrem, penanggulangan stunting, pengendalian inflasi, dan pengawalan proses demokrasi.

Ia mengklaim bahwa NTB telah mencatat kemajuan signifikan dalam menurunkan angka stunting dan berhasil meraih TPID Award atas keberhasilan pengendalian inflasi terbaik di wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Selain itu, Gita juga menegaskan bahwa pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden pada Februari lalu berjalan lancar tanpa kendala berarti di NTB. Kini Lalu Gita akan menempati jabatan sebelumnya, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) NTB.

Terkait rencana pencalonannya dalam Pilkada NTB 2024, Gita mengakui adanya dorongan kuat dari berbagai elemen masyarakat dan apresiasi dari partai politik.

“Ada dialog-dialog yang tidak bisa saya hindarkan, mendorong saya untuk maju dalam Pilkada,” tuturnya.

Keputusan Gita untuk berpartisipasi dalam kontestasi politik ini diambil setelah melalui pertimbangan mendalam. Pilkada NTB sendiri dijadwalkan akan diselenggarakan pada November 2024.

Dengan pengalaman sebagai Penjabat Gubernur dan dukungan yang diterimanya, Gita Ariadi mengatakan dirinya optimis dapat membawa perubahan positif bagi NTB jika terpilih nanti.

Dukungan kepada Lalu Gita Ariadi, atau yang biasa dipanggil Miq Gita, mulai menguat, terutama dari kalangan ulama dan pemuka agama. 

Ketua Majelis Ulama (MUI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengatakan kinerja Miq Gita sebagai Penjabat Gubernur NTB terbukti cukup baik.

“Daripada kita mendukung yang belum jelas. Gita kan sudah jadi pejabat. Pekerjaannya di NTB sudah kita lihat, kinerja beliau selama jadi Sekda juga baik, kemudian ketika menjadi Pj sudah bisa kita saksikan dan rasakan semua,” kata Saiful Muslim.

TGH Fadli Fadil Thohir (Tuan Guru Bodak), pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Attohiriyah Al-Fadhiliyah (Ponpes Yatofa) Bodak Desa Montong Terep Kecamatan Praya, juga memberikan dukungan kepada Lalu Gita.

“Kita doakan yang terbaik. Insya Allah apa yang menjadi hajatan Miq Gite bisa dikabulkan oleh Allah SWT,” kata Tuan Guru Fadli FT di sela-sela kunjungan Lalu Gita ke Pondok Pesantren Yayasan At-Tohiriah Al-Fadiliah (Yatofa) Bodak, Lombok Tengah, Kamis, 20 Juni 2024.

Dukungan dari tokoh agama lainnya juga mengalir. Tuan Guru Haji Abdul Maad Mukmin, Lc, pemimpin Pondok Pesantren Darussalam Banjar Manis, Desa Anjani, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur dan Pimpinan Pondok Pesantren Yasrun NW Teko TGH.

Saiful Bahrudin Nasir menyatakan dukungan untuk pasangan L. Gita Ariadi dan HM. Sukiman Azmy (Gita-Sukiman) dalam perhelatan Pilkada NTB 2024 mendatang.

“Kita butuh pemimpin yang Sholeh yang dekat dengan agama dan mampu membimbing kita masyarakat NTB,” ungkap TGH. Mukmin, Kamis (13/6/2024).