Advertisement Section
Header AD Image

Mengenal Buah Seri Yang Jarang Diketahui, Simak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Matras News – Sebagian orang mungkin bingung dan asing dengan nama buah seri (kersen). Buah kecil berwarna merah (jika matang) ini sering menarik perhatian  anak-anak, dan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah kersen memang belum banyak diketahui oleh orang banyak. Tidak hanya buahnya, daun kersen juga kaya manfaatnya. Tumbuhan ini mudah tumbuh dimana saja, jadi sangatlah mudah ditemukan.

Apa saja sih manfaat buah kersen bagi Kesehatan?

1 Bersifat Antibakteri, membuat tubuh kita menjadi lebih kuat terhadap serangan berbagai bakteri penyebab penyakit. Para peneliti juga menemukan bahwa buah kersen memiliki senyawa antibakteri yang kuat. Senyawa antibakteri dalam buah tersebut mampu melawan bakteri penyebab penyakit sepsis, staph, difteri, dan infeksi usus.

2 Mengobati Asam urat, Bagi penderita asam urat, sebaiknya mengonsumsi 9-12 buah kersen sebanyak 3 kali dalam sehari. Hal tersebut dapat mengurangi rasa nyeri dan memungkinkan untuk sembuh lebih cepat.

3 Mengandung Banyak Vitamin C, Dalam 100 gram buah kersen  sama dengan mengandung 150 mg vitamin C. Anda pasti sudah tahu, kan? bahwa vitamin C berfungsi sebagai antioksidan,  mencegah flu dan pilek, serta mengatasi berbagai jenis penyakit kardiovaskular.

4 Bermanfaat bagi Penderita Diabetes,  dikarenakan kandungan nutrisi dalam buah kersen mampu membantu menurunkan gula darah. Dengan mengonsumsi buah tersebut secara rutin, maka konsumsi obat atau dosis injeksi lebih berkurang. Buah kersen juga baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit diabetes. mencegah lebih baik daripada mengobati.

5 Meredakan Sakit Kepala, bermanfaat untuk membantu meredakan sakit kepala parah yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Dengan mengonsumsi buah tersebut, maka pembuluh darah akan mengendur dan darah kembali mengalir dengan normal.

6 Mengandung Banyak Nutrisi, terdiri atas berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh, seperti Vitamin C, karotein, tianin, ribofalin, dan nutrisi lainnya.

7 Kaya Antioksidan, Antioksidan dalam buah kersen mampu menangkal radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan buah seri ini memiliki 24 senyawa flavonoid dan fenolik yang baik untuk tubuh.

8 Pencegah Penyakit Kanker, Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa daun kersen memiliki kandungan zat yang mampu mengurangi dan mencegah pertumbuhan kanker. Namun, memang kebenaran penelitian itu harus ditinjau kembali pada era modern ini.

9 Menghambat Rasa Sakit, Mekanisme kerja teh daun kersen, yaitu menghambat atau menghalangi rangsangan rasa sakit yang diterima sumsum tulang belakang dan otak ketika Anda mengalami luka. Selain itu, teh ini sangat berkhasiat untuk  meredakan sakit kepala, asam urat, rematik, dan nyeri sendi lainnya.

10 Mengatasi Anemia, Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi mampu, sehingga membantu mengatasi masalah anemia tersebut. Selain itu, buah kersen juga berguna untuk meningkatkan vitalitas dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda.

11 Menguatkan Tulang, Hal tersebut dikarenakan buah ini memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang merupakan nutrisi penting bagi tulang.

12 Mengatasi Kram Perut, kita bisa mengambil manfaat buah kersen serta daunnya yang dapat dijadikan untuk obat sakit perut.

13 Melancarkan Sirkulasi Darah, daunnya dapat bermanfaat untuk mengatur sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Jika sirkulasi darah lancar, maka semua organ dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dan maksismal.

14 Mengatasi Masalah Pencernaan, bunganya juga dapat dijadikan sebagai minuman, dengan cara merebus bunganya sampai dua kali. Pengobatan alami tersebut digunakan untuk ,mengatasi sakit perut dan gangguan pencernaan.

15 Bermanfaat Mengatasi Penyakit Kardiovaskular, Teh daun kersen memiliki antioksidan secara spesifik mampu mencegah berbagai jenis peradangan dan penyebab serangan jantung. Jantung dapat mengalami kerusakan permanen karena kekurangan aliran darah ke jantung. Oleh karena itu lakukan pencegahannya dengan mengonsumsi teh daun kersen.

16 Mengatasi Tekanan Darah Tinggi, Teh Kersen mengandung oksida nitrat dalam tinggi yang berfungsi melonggarkan pembuluh darah yang sempit sehingga darah dapat mengalir dengan lancar, sehingga mampu mengatasi tekanan darah tinggi.

17 Memiliki Sifat Antiinflamasi yang Tinggi, Peradangan yang paling sering terjadi adalah radang sendi, jaringan, dan mengakibatkan demam. Dengan minum teh daun kersen secara rutin, maka dapat mengurangi masalah peradangan tersebut.

Banyak juga kan manfaat dari buah dan daun dari buah kersen ini, tetapi walau demikian ada baiknya kita berkonsultasi dahulu kepada dokter atau ahli gizi. Agar mendapatkan saran yang lebih baik akan dosis penggunaan dari buah kersen tersebut.

(Ron)