Advertisement Section
Header AD Image

Sering Kelelahan Saat Olahraga, Bagaimana Mengatasinya?

Matras News – Kesulitan dalam teknik pernapasan dan kelelahan yang Anda alami saat berolahraga bisa memiliki beberapa penyebab yang berbeda. Salah satu kemungkinan adalah bahwa Anda mungkin tidak menggunakan teknik pernapasan yang benar saat beraktivitas fisik. Teknik pernapasan yang benar sangat penting untuk memastikan pasokan oksigen yang cukup ke tubuh Anda.

Dilansir dari artikel dr. Zikanovelia, Sp.P Primaya Hospital Bhakti Wara, Ada beberapa metode yang dapat membantu Anda mempelajari teknik pernapasan yang benar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Pernapasan Diafragma: Latih pernapasan menggunakan diafragma, yaitu otot yang terletak di antara rongga dada dan perut. Tarik napas melalui hidung, biarkan perut Anda mengembang, dan hembuskan napas perlahan melalui mulut.

2. Pernapasan Teratur: Cobalah untuk menjaga irama pernapasan yang teratur dan terkendali saat berolahraga. Lakukan penghitungan saat menghirup dan menghembuskan napas, seperti “masuk dua tiga, keluar dua tiga”. Hal ini membantu mengoptimalkan pasokan oksigen ke tubuh Anda.

3. Latihan Pernapasan: Cari latihan pernapasan yang khusus dirancang untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan kekuatan otot pernapasan. Latihan pernapasan seperti latihan kapasitas paru dan latihan dengan alat bantu pernapasan bisa membantu meningkatkan stamina pernapasan Anda.

4. Konsultasikan dengan Ahli: Jika masalah pernapasan yang Anda alami terus berlanjut atau memburuk, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli terapi pernapasan. Mereka dapat melakukan evaluasi lebih lanjut dan memberikan nasihat serta latihan yang lebih khusus sesuai dengan kebutuhan Anda.

(*/hr-foto nirinazubir_)