Advertisement Section
Header AD Image

Gojek Peringati HUT Kemerdekaan Bersama 90 Ribu Driver

Matrasnews.com – Keseriusan komitmen Gojek untuk terus membantu mitra drivernya selama pandemi COVID-19, telah dilaksanakan dengan nyata sejak awal lewat berbagai inisiatif terkait bantuan pendapatan, penyediaan perlengkapan kesehatan, termasuk vaksinasi, serta bantuan yang meringankan beban biaya harian mitra driver.

Pada momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini, Gojek mempertegas komitmennya melalui Festival #BangkitBersama Mitra Driver Gojek 2021 serta inisiatif-inisiatif lainnya yaitu:

Kopdar Nusantara Hari Kemerdekaan. Berisi edukasi komprehensif soal manfaat vaksin yang diikuti oleh 90 ribu lebih mitra driver dari 61 kota. Kopdar Nusantara ini menghadirkan 2 pembicara yang memaparkan pentingnya vaksin dari tiga perspektif berbeda:

dr. Reisa Broto Asmoro – Tenaga Kesehatan / Duta Adaptasi Kebiasaan Baru: membentuk kekebalan tubuh dari risiko paparan virus COVID-19 melalui vaksinasi.

Baca Juga : Gojek dan Kemenkop Gelar Pelatihan Untuk Ribuan UMKM

Irjen Imam Sugianto – Asops Kapolri: peran warga negara untuk menjalankan kewajiban saling melindungi satu sama lain melalui vaksin agar terhindar dari paparan virus COVID-19

Kuis Semarak Bangkit Bersama Mitra Driver. Diselenggarakan secara daring pada 14 – 16 Agustus 2021 untuk memeriahkan HUT RI sekaligus mengedukasi kembali mitra driver terkait vaksinasi. Kuis yang dapat diikuti melalui aplikasi oleh seluruh mitra driver di Indonesia ini memperebutkan hadiah 13 unit sepeda motor, ratusan handphone dan puluhan ribu saldo GoPay senilai masing-masing Rp50.000.

Memberikan apresiasi  kepada mitra yang telah divaksin. Inisiatif ini dijalankan di berbagai area operasional Gojek dengan beragam hadiah mulai dari saldo GoPay, handphone dan sepeda motor. Khusus di Jabodetabek, Gojek bekerja sama dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia memberikan hadiah utama berupa satu unit kendaraan Mitsubishi Xpander Ultimate. Hadiah akan diberikan pada akhir September 2021.

Menggandeng Mitra Driver untuk sukseskan vaksinasi pemerintah. Gojek turut melibatkan mitra driver Gojek untuk berperan aktif mengantarkan masyarakat menuju tempat vaksin. Selain sebagai bentuk gotong royong, hal ini turut berpotensi memberi peningkatan order dan pendapatan bagi mitra driver.

Lewat inisiatif ini 200.000 pengguna aplikasi memanfaatkan voucher potongan harga untuk dapat bermobilitas dari dan ke lokasi vaksinasi. Pada gelaran Vaksinasi Merdeka oleh Polda Metro Jaya, memanfaatkan fitur GoCorp, Gojek juga telah memfasilitasi sekitar 70.000 perjalanan gratis, bagi relawan dan tenaga kesehatan untuk dapat menjangkau 900 titik vaksinasi selama periode vaksinasi dosis pertama di tanggal 1-17 Agustus 2021

Gede Manggala – Head of Indonesia Region Gojek mengatakan, “Sejak awal, Mitra Driver Gojek telah menjadi urat nadi logistik nasional, garda terdepan membantu masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan. Hari Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, menjadi momentum bagi kami untuk terus mendukung mitra driver, khususnya dalam memastikan mitra driver mendapat perlindungan tambahan lewat vaksin. Pendekatan persuasif kami jalankan seiring dengan langkah nyata menyediakan fasilitas vaksin maupun informasi agar semakin banyak mitra driver yang secara proaktif tergerak untuk mendatangi pusat layanan vaksinasi terdekat di wilayahnya.”

Baca Juga : Bluebird Group, Shopee Indonesia, dan ShopeePay Dukung Percepatan Transformasi Digital

Selama 6 bulan program percepatan vaksinasi Gojek berjalan, apresiasi datang dari berbagai pihak. Berdasarkan survey persepsi mitra driver terhadap program vaksinasi menunjukkan bahwa 94% mitra driver puas terhadap layanan di Pos Pelayanan Vaksinasi Gojek-Halodoc maupun vaksinasi di kantor operasional Gojek.

Fasilitas ini dinilai mitra driver pendaftarannya mudah (96%), berlangsung lancar dan tertib (96%), berlangsung cepat (94%) mengingat prosesnya difasilitasi secara teratur lewat aplikasi. 95% Mitra juga menilai petugas serta tenaga kesehatan yang ada, sangat membantu proses pelaksanaannya.

Lewat adanya inisiatif vaksinasi ini, 96% mitra juga merasa Gojek peduli terhadap kesehatan mereka berkat adanya posko vaksin khusus mitra driver. Terpenting, mitra driver mengaku merasa lebih aman (88%) dan percaya diri (90%), khususnya dari aspek keamanan dan kesehatan untuk kembali bekerja melayani kebutuhan masyarakat.

Hadir dalam acara diskusi hari ini (23/8), dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid., Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan mengatakan, “Vaksinasi memberikan perlindungan pada diri kita, sehingga kita tidak menjadi sumber penularan bagi orang yang kita sayangi. Proteksi ini kita harapkan mampu menciptakan kekebalan kelompok dimana kita berharap vaksinasi ini segera kita selesaikan untuk menyasar 208 juta sasaran vaksinasi. Untuk mencapai ini, kami mendapatkan support luar biasa dari Gojek dan mitranya di mana masyarakat bisa mengakses [lokasi-lokasi] vaksinasi.”

dr. Nadia juga menekankan pentingnya edukasi seperti yang Gojek jalankan kepada mitranya. “Peran swasta sangat penting tak hanya menyediakan sentra vaksinasi, tapi juga dalam mengedukasi. Bayangkan berapa jumlah mitra Gojek yang dimiliki saat ini.

Kalau mitra Gojek yang telah teredukasi ini mengajak keluarganya dan mengajak masyarakat sekitarnya untuk divaksin, ini luar biasa. Mitra Gojek juga bisa menjadi contoh buat masyarakat dan sekitarnya agar mau divaksin.”

Di kesempatan yang sama, Ahmad Yani, Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan RI menuturkan, “Apa yang sudah dilakukan Gojek besar sekali manfaatnya, mengajak masyarakat berpartisipasi dalam vaksinasi. Sudah banyak yang dilakukan Gojek untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi. Misalnya program satu mitra driver dapat [berpotensi] membawa satu lansia atau membawa pekerja lain untuk divaksin. Ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program kita semua dalam mempercepat vaksinasi. Saya kira, apa yang dilakukan Gojek sudah menjadi bagian dari dukungan korporasi untuk pemerintah.”

Upaya Gojek untuk mendukung mitranya akan terus berjalan sebagai wujud gotong royong Gojek dalam membantu mitra-mitranya melewati masa penuh tantangan ini. Sebelumnya Gojek telah menyediakan pos pelayanan vaksinasi bekerja sama dengan Halodoc, pemerintah daerah, TNI-Polri maupun otoritas pemerintah lainnya di puluhan kota di Indonesia. Hingga saat ini ratusan ribu mitra driver di 70 kota telah mengikuti program vaksinasi.

Program Kesejahteraan Mitra Driver dengan total bantuan senilai lebih dari Rp125 Miliar Rupiah juga telah dijalankan sejak tahun 2020 hingga saat ini. Mencakup 1). Bantuan keringanan beban biaya harian, misalnya lewat penyediaan sembako, serta makanan murah dan sehat bagi mitra dan keluarga, 2). Bantuan peralatan kesehatan lewat penyediaan masker, hand sanitizer, disinfektan serta program vaksinasi bagi mitra driver, serta 3). Bantuan pendapatan salah satunya memberikan dana tunai bagi mitra yang menjalani isolasi mandiri karena terpapar COVID-19 maupun pengembangan fitur-fitur baru yang dapat meningkatkan pendapatan mitra driver.

(*) Matrasnews.com