Advertisement Section
Header AD Image

Konsisten Melakukan Pemberdayaan UMKM, Pertamina Borong Penghargaan pada ISRA 2023

Matras News – PT Pertamina (Persero) terus berkomitmen dan konsisten dalam melakukan berbagai macam kegiatan dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi kerakyatan masyarakat melalui program-program Community Involvement and Development (CID) yg mengusung prinsip Creating Shared Value (CSV).

Hal ini tercermin melalui raihan penghargaan dalam ajang Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2023, yang diselenggarakan oleh Prospectus Media  bekerja sama dengan berbagai akademisi dan praktisi di bidang Corporate Social Responsibility dan Keberlanjutan sebagai kurator program.

Pertamina beserta Anak Perusahaan sukses meraih 40 penghargaan pada 6 kategori yakni  Economic Empowerment, Cultural Preservation, Education, Gender Equality & Social Inclusion, Health Quality Improvement, Climate Changes Mitigation, CSR Video Documentation, Biodiversity Conversation serta satu perhargaan khusus ISRA 2023 : People of The Year.

Untuk kategori Economic Empowerment, Pertamina melalui Tim Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP), berhasil menyabet peringkat Gold untuk program UMK Go Global, dan peringkat Silver untuk program Pinky Movement, dimana kedua program tersebut adalah program unggulan yang telah dilakukan dan terus dikembangkan secara berkelanjutan selama beberapa tahun ini.

“Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen semua pihak di Pertamina, untuk memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat. Kami akan terus berupaya untuk memberdayakan masyarakat, memperkuat ekonomi lokal, dan berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan Indonesia, karenanya kami merasa sangat bangga dan terhormat telah dianugerahi penghargaan ini.” ujar VP Corporate Communication, Fadjar Djoko Santoso.

Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) adalah ajang diseminasi pengetahuan dan penghargaan bagi pelaku bisnis berbagai industri atas komitmen, dedikasi, dan inovasinya dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Tahun 2023 ini ISRA mengusung tema “Empowering Sustainable Innovation”, yang bermakna sebagai pemberdayaan, dilihat dari kacamata inovasi sosial yang berkelanjutan. ISRA juga diharapkan dapat menciptakan peluang untuk saling berkolaborasi dan membangun jaringan serta memberikan bekal keterampilan praktis dan alat untuk  mempraktekkan inovasi.

Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ravik Karsidi, dalam paparannya menyampaikan bahwa, hubungan bisnis dan tanggung jawab sosial sangat erat.

Dalam menjalankan bisnis, tidak hanya fokus pada aspek ekonomi, tetapi juga penting untuk menciptakan kesadaran perusahaan terhadap lingkungan di sekitarnya. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan yang bertujuan memberikan manfaat bagi masyarakat, salah satunya melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Dalam konteks ini adalah, menjalankan beberapa program yang sejalan dengan program pemerintah misalnya program yang dikoordinasikan dengan kementerian terkait seperti angka stunting yang masih tinggi, kemiskinan ekstrim yang masih tinggi, pengembangan UMKM, dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, Pertamina dan Anak Perusahaan menjalankan tanggung jawab sosial dalam berbagai bidang, dengan fokus pada sektor lingkungan, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi.

Adapun aspek yang dinilai dalam penjurian ISRA 2023 antara lain berkaitan dengan  program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan, pelaksanaan program termasuk strategi pengembangan program TJSL dan inovasi, dampak terhadap masyarakat diantaranya significant change, dampak utama program terkait economic empowerment, usaha perubahan struktural dan dampak positif yang diberikan selain ekonomi (multilayer effect program).

Fadjar mengungkapkan rasa terima kasih serta apresiasi dan dukungan yang diberikan kepada Pertamina untuk program CSR. Dimana Pertamina berupaya agar program CSR concern terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan aspek CSV (Creating Shared Value), dan keselarasan CSR untuk mendukung bisnis perusahaan agar tumbuh berkelanjutan. Mengingat, peranan CSR dalam sebuah perusahaan menjadi kunci yang esensial dalam penerapan Sustainability Development Goals (SDG’s).

“Pertamina senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan nilai tambah bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan menghadirkan berbagai inisiasi program CSR yang berkelanjutan. Semoga kehadiran penghargaan ini dapat memotivasi kami untuk menciptakan program unggulan dan bermanfaat bagi banyak pihak ke depannya,” tutup Fadjar. (*)