Advertisement Section
Mahasiswa Unisma Sambangi Kantor AWPI Kota Bekasi

Mahasiswa Unisma Sambangi Kantor AWPI Kota Bekasi

Matras News, Bekasi – Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi mengunjungi Kantor Sekretariat Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Bekasi, Sabtu (22/6/2024).

Kunjungannya dalam rangka menyelesaikan skripsi dengan tema ‘Implementasi Kebijakan Informasi Publik dalam Penerapan Good Governance di Kota Bekasi’, proses pengumpulan data, metode wawancara.

Seperti di ketahui, Keterbukaan informasi publik adalah hak asasi manusia yang penting dalam negara demokratis.

Ini memungkinkan masyarakat untuk mengawasi penyelenggaraan negara dan badan publik serta memperoleh informasi yang berdampak pada kepentingan public. Hal tersebut diungkapkan Salwa Ibnatisna Sya’bana.

Ketua AWPI DPC Kota Bekasi, Jerry, didampingi oleh Penasehat AWPI DPC Kota Bekasi, Rhagil Asmara SatyaNegoro beserta jajaran, menyambut hangat kedatangan Salwa, sebagai bentuk sinergitas antara jurnalis dan mahasiswa.

“Alhamdulillah saya berkesempatan untuk mewawancarai Pak Rhagil. Beliau menjelaskan secara rinci tentang implementasi kebijakan keterbukaan informasi public.

Baik melalui website maupun media sosial, hingga akses mendapatkan informasi publik di Kota Bekasi,” ujar Salwa.

Ia merasakan manfaat besar dari wawancara tersebut, karena telah memperoleh data primer yang kaya akan perspektif, serta pengalaman langsung dari para AWPI DPC Kota Bekasi, serta membangun relasi untuk masa depan.

“Saya memperoleh data primer yang kaya akan perspektif dan pengalaman langsung dari para pelaku.

Selain itu, saya juga membangun relasi dan kepercayaan dengan narasumber, yang dapat menunjang kelancaran penelitian,” paparnya.

Ia menambahkan, wawancara tersebut membantu meningkatkan kemampuan komunikasi, empati, dan penggalian informasi secara mendalam.

Ia juga mengatakan telah mendapatkan informasi baru yang dapat memperkaya pemahaman terhadap topik penelitian.

Meskipun ada tantangan, Ia percaya bahwa komunikasi yang baik dan kesabaran adalah kunci sukses dalam proses wawancara.

“Pengalaman ini menunjukkan bahwa wawancara sangat bermanfaat untuk menggali informasi secara mendalam,” tutup Salwa.