Advertisement Section
Header AD Image

Penjualan Mainan Lato-lato Naik 57x Lipat

Matras News – Tokopedia mencatat antusiasme tinggi dari masyarakat dalam berbelanja online selama pergantian tahun dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Perlengkapan Kebersihan, Minuman, Makanan Jadi (makanan siap saji dan masak), Perawatan Tubuh dan Kecantikan hingga Daging dan Seafood menjadi beberapa subkategori dengan kenaikan transaksi paling tinggi di periode tersebut,” ungkap Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Tren Produk Terlaris di Tokopedia Saat Pergantian Tahun

Tokopedia melalui Ekhel menyampaikan beberapa temuan menarik berkaitan dengan tren belanja online masyarakat saat pergantian tahun 2022-2023.

1.    Makanan paling laris di Tokopedia NOW!
“Sosis, daun bawang, bumbu masak, beras putih hingga makanan siap masak menjadi beberapa produk makanan yang mengalami kenaikan jumlah transaksi paling tinggi melalui Tokopedia NOW! saat malam pergantian tahun baru,” ungkap Ekhel.

Tokopedia NOW!, salah satu inisiatif Tokopedia yang berpendekatan Hyperlocal dan didukung teknologi geo-tagging, memudahkan masyarakat untuk mendapatkan berbagai produk kebutuhan harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.

2.    Jas hujan tetap esensial
Perlengkapan musim hujan masih menjadi salah satu kebutuhan masyarakat, termasuk dalam menyambut tahun baru 2023. “Penjualan jas hujan mengalami peningkatan lebih dari 1,5 kali lipat saat momen pergantian tahun 2022-2023,” jelas Ekhel.

3.    Mainan viral lato-lato laris manis
Permainan lawas lato-lato sedang viral dan digandrungi oleh masyarakat dari berbagai usia. Cara memainkan lato-lato pun cukup mudah, yaitu digoyangkan agar kedua bola yang terhubung dengan seutas tali saling membentur. “Di Tokopedia, penjualan mainan lato-lato melonjak hampir 57 kali lipat saat momen pergantian tahun 2022-2023,” ujar Ekhel.

4. Perlengkapan pesta dan kerajinan tangan yang diburu
Selain makanan, mainan lato-lato dan jas hujan, Tokopedia melihat transaksi sejumlah produk yang berkaitan dengan perlengkapan pesta dan kerajinan tangan ikut melonjak. “Di kategori Perlengkapan Pesta dan Craft, beberapa produk yang terlaris adalah konfeti, perlengkapan jahit, goodie bag, hampers dan gantungan kunci,” tambah Ekhel.

5. Barang terakhir dan pertama yang dibeli serta pengiriman terjauh
Barang terakhir yang dibeli masyarakat melalui Tokopedia saat 31 Desember 2022 yaitu samosa isi daging. Sementara itu, daging iris merupakan barang pertama yang dibeli pada 1 Januari 2023.

“Transaksi dengan jarak pengiriman terjauh di 31 Desember 2022 terjadi dari Medan (Sumatera Utara) ke Jayapura (Papua). Sedangkan transaksi dengan jarak pengiriman terjauh di 1 Januari 2023 yaitu dari Binjai (Sumatera Utara) ke Mimika (Papua),” tutup Ekhel. (Jn)