Advertisement Section
Header AD Image

Pisang Merah Memiliki Manfaat Untuk Tingkatkan Imunitas

Matras News – Pisang biasanya berwarna hijau dan kuning, tetapi ada juga pisang yang berwarna ungu kemerahan. Pisang ini banyak di jumpai dikawasan Asia tenggara, salah satunya di Indonesia. Nama lain dari pisang ini Musa acuminate atau Dacca merah. Rasanya pun lebih manis dari pisang kuning, juga memiliki banyak nutrisi penting, yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh. Pisang merah kecil hanya memiliki sekitar 90 kalori dan sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat.Kandungan vitamin B6, magnesium, dan vitamin C yang tinggi membuat varietas pisang ini sangat padat nutrisi. Manfaat yang dirasakan bagi tubuh yakni tercukupinya asupan kalium, vitamin C, serta serat.

Menjaga Gula Darah. Angka indeks glikemik yang rendah pada pisang merah dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Menjaga Tekanan Darah. pisang merah ini kaya akan kalium sebanyak 9 persen untuk bantu penuhi asupan harian.Satu pisang merah kecil memiliki 8 persen magnesium untuk bantu memenuhi kebutuhan harian. Sebuah tinjauan dari 10 penelitian mencatat bahwa meningkatkan asupan magnesium sebesar 100 mg per hari dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi hingga 5 persen.

Kaya Antioksidan. Pisang merah mengandung Vitamin B-6 yang membantu pemecahan protein dan pembentukan sel darah merah. Antioksidan bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Menjernihkan Indra Penglihatan. Lutein dan beta karoten merupakan dua karotenoid dalam pisang merah yang bantu menunjang kesehatan mata. Keduanya bermanfaat dalam mencegah degenerasi makula terkait usia, serta kebutaan.

Melancarkan Pencernaan. Pisang jenis ini kaya akan kandungan serat yang tinggi dan dapat membantu melancarkan buang air besar. Pisang merah juga mengandung oligosakarida yang dapat membantu mengurangi peradangan pada usus.

Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama. Pisang merah tinggi serat dan nutrisi, serta relatif rendah lemak dan kalori. Serat pada pisang membantu meningkatkan rasa kenyang dan dapat bantu menurunkan berat badan. Tingginya kandungan serat ini juga bermanfaat untuk meningkatkan bakteri baik pada usus dan mengurangi peradangan. Karena memberikan rasa kenyang lebih lama, risiko obesitas pun menurun

Bantu Menjaga Kesehatan Kulit. Buah ini mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, seperti vitamin C dan karotenoid, yang membantu memperlambat penuaan dini. Ini karena vitamin C bantu merangsang produksi kolagen di dalam kulit.

Melembapkan Rambut. Banyak juga orang yang menggunakan pisang merah sebagai masker rambut.Jika digunakan, pisang merah bisa melembapkan dan merangsang pertumbuhan rambut.

Mencegah Anemia. Pisang merah bermanfaat untuk mencegah anemia karena kaya akan vitamin B-6 yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk hemoglobin.

Menjaga Kesehatan Tulang. Kandungan kalsium dalam pisang yang membantu mengontrol kesehatan tulang. Menariknya, konsumsi pisang merah secara teratur dapat mencegah kekeroposan pada tulang akibat bertambahnya usia.

Itu dia beberapa manfaat dari pisang merah, semoga bermanfaat.

(Ron)