Advertisement Section
Header AD Image

Presiden Jokowi Usulkan, Ajang Balap Mobil Listrik Formula E Digelar 15 Kali dalam Setahun

Matras news – Presiden Joko Widodo menyaksikan secara langsung di sirkuit Formula E Jakarta, bersama Ketua DPR Puan Maharani dan ditemani oleh tuan rumah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sementara itu, Jokowi hadir sejak balapan mobil listrik itu belum dimulai dan ketiganya menonton di Royal Box Sirkuit Jakarta Internasional E-Prix Circuit (JIEC).

Usai menyaksikan secara langsung Jokowi mengunkapkan dan memberi Apresiasi gelaran balapan di sirkuit Formula E Jakarta.

Dilansir dari video yang diunggah di Kanal Youtube Sekretariat Presiden, yang berjudul “Keterangan Pers Presiden Jokowi Usai Menonton Formula E Ancol, Jakarta Utara, 4 Juni 2022” pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Jokowi memberi tanggapan setelah menonton balap Formula E Jakarta, dengan mengukapkan saat pertandingan tadi cukup lancar.

“Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti akan ada pergeseran dari mobil yang sekarang banyak nanti yang memakai mobil listrik. Sehingga ini menjadi sebuah tontonan yang kedepannya akan tinggi dan semakin digemari,” kata Jokowi.

Yang lebih menariknya lagi Jokowi mengungkapkan untuk kedepannya akan membangun ekosistem baterai lisrik.

“Ini bagus untuk negara kita karena kedepannya kita akan membangun ekosistem baterai listrik mulai dari awal nikel matrial, smelter, Industri baterai kemudian mobil listriknya, saya kira ini teknologi yang dipertontonkan di Formula E ini akan mendukung ke arah sana semua, akan ramah menuju lingkungan,” ujar Jokowi.

Yang lebih pentingnya lagi pemerintah pusat sangat mendukung penuh dari awal pembangunan sirkuit Formula E Jakarta, sampai saat ini.

Pemerintah pusat banyak kritikan dari berbagai kalangan yang diduga pemerintah tidak mendukung ajang balapan Formula E Jakarta.

“Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya saya juga turun melihat kesiapan kemudian juga semua yang berkaitan dengan barang-barang masuk bea cukai, kemudian Ijin-ijin semua dikeluarkan, itu bentuk dukungan,” ujar Jokowi.

Adapun bentuk dukungan dari Jokowi mengaku jika balapan di sirkuit Formula E ini diselenggarakan lagi itu lebih baik.

“Untuk sebuah sirkuit ini semakin banyak eventnya akan semakin produktif dan baik, ya kalau bisa setiap Minggu ada terus, setiap tahun 10 kali, 15 kali akan lebih baik,” tutur Jokowi.

(red)