Advertisement Section
Header AD Image

Wisata Minat Khusus Avichidtourism Ranu Lingga Rekisi

Matras News – TNBTS merupakan kawasan konservasi yang yang memiliki keanekaragaman cukup tinggi baik flora dan fauna.

Salah satu flora yang banyak mendapat perhatian adalah dari jenis suku Orchidaceae atau anggrek.

Saat ini tercatat 268 jenis anggrek , 48 diantaranya (18 %) jenis endemik yang ada di kawasan TNBTS. Sedangkan untuk fauna khususnya kelas aves di TNBTS sudah tercatat sebanyak 197 jenis burung dari 59 genus.

Keindahan tersebut akan dikemas oleh TNBTS dan kelompok tani konservasi Ranu Lingga Rekisi menjadi Wisata Minat Khusus “Avichidtourism Ranu Lingga Rekisi” untuk dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Untuk melengkapi literasi kehati, pada tahun ini TNBTS menerbitkan buku berjudul “Suaka Puspa di Tanah Para Dewa” yang berisi tentang jenis anggrek dan sejarah pendirian taman anggrek Ranu Darungan.

Semua itu dilaunching pada tanggal 26 Maret 2022 kemarin dan dihadiri secara daring oleh Bupati Lumajang, dan Dirjen KSDAE sebagai keynote speech.

Serta sebagai pembedah buku yaitu Nurdin Razak (Pemerhati Ekowisata Indonesia), Sulistyono (Dosen Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Sanata Dharma), yang juga hadir secara daring dan Abdi Purmono (The Society of Indonesia Enviromental Journalist) hadir secara langsung.

(her/tnbts)