Advertisement Section
Header AD Image

Battle Budaya, Kesenian Terpilih Tingkat Kota

Matras News – Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur akan mendukung kegiatan Battle Budaya Kabaret Komedi, Punokawan Betawi dengan lakon “Keris Penebar Petaka”

Pagelaran acara Battle Budaya Kabaret Komedi Punokawan Betawi, dalam rangka perwujudan dari Kegiatan Kesenian Terpilih Tingkat Kota Tahun 2022 pada hari Sabtu, 26 Maret 2022, berlokasi di Gedung Kisam bin Jiun Jl H. Naman No.17, RT 03 RW 02, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Acara ini rencananya akan dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Plt. Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur dan Budayawan Condet.

Maksud dan tujuan kolaborasi penyelenggaraan Battle Budaya Kabaret Komedi Punokawan Betawi dengan lakon “Keris Penebar Petaka” adalah Pagelaran Musik Lenong Betawi, Ketoprak Jawa Tengah dan penampilan sendratari Janoko Cakil beserta Kesatria Punokawan Semar, Gareng, Petruk dan Bagong.

Sendratari ini merupakan paradoksal dari tema “Keris Penebar Petaka” yang akan diperebutkan untuk diperjual belikan, yang pada akhirnya punokawan ini memberikan solusi penyadaran kepada masyarakat untuk tidak mudah tergiur oleh iming-iming yang tidak jelas, kemudian para punokawan memberikan hiburan dalam bentuk tontonan.

Pertunjukan ini dikemas dalam bentuk Sendratari perpaduan 2 (dua) unsur budaya yaitu Jawa dan Betawi serta unsur komedi dan seni musik Lenong Betawi, dan unsur musik ketoprak Jawa,

Kegiatan “Battle Budaya” ini diharapkan sebagai upaya mengembangkan Seni Budaya dan meningkatkan keativitas serta kepedulian generasi muda terhadap keberlangsungan Seni Budaya dengan mengenalkan potensi seni budaya maupun karya kreasi seni pada masyarakat luas sekaligus bentuk apresiasi terhadap pelaku seni yang tampil.

Terpisah, Kasie Pemanfaatan Sudin Kebudayaan Jakarta Timur Fajar Harijaya S.E.M.M memberikan penjelasan tentang Battle Budaya Kabaret Komedi Puokawan, dalam acara Talk Show di radio CBB 105,4 FM pada Kamis (24/3/2022).

“Seperti diketahui acara ini dukungan dari Sudin Kebudayaan Jakarta Timur berkolaborasi dengan Matrasnew.com, yang mana memang sudah menjadi calendar of event. Pada tahun sebelumnya dalam suasana pandemic tahun lalu sudah menggelar acara Battle Budaya berkolaborasi dalam satu panggung antara budaya Betawi dan budaya Batak. Kali ini kami akan menampilkan kembali Batlle Budaya berkolaborasi kembali dalam satu panggung antara budaya Betawi dan Jawa,” Jelasnya.

Dengan melestarikan kebudayaan Betawi, dan memajukan Kebudayaan lainnya, Sudin kebudayaan Jakarta Timur selalu berinovasi menjembatani untuk para seniman membentuk suatu karakter bangsa ini demi cita-cita berkepribadian, berkebudayaan, kemandirian dan tangguh,” Ucap Fajar Harijaya.

Fajar Harijaya menerangkan,’ Sejauh ini dengan menggelar beberapa acara, Sudin Kebudayaan Jakarta Timur menerapkan SOP untuk mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat dan kegiatannya bersifat Streaming, pada saat ini sudah bisa menggelar acara secara langsung dengan kapasitas 75%, tentunya juga harus tetap mengikuti SOP mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat,”terangnya.

(her)