Advertisement Section
Header AD Image

JAPFA for Kids Awards Hadir Kembali, Apresiasi Inovasi Sekolah Dampingan

Matras News – PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) memberikan apresiasi kepada sekolah sebagai tindak lanjut program pendampingan JAPFA for Kids yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Mengambil tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah, JAPFA for Kids Awards Tahun 2022 berfokus pada inovasi sekolah dalam mengimplementasikan praktik hidup sehat. Sebanyak lebih dari 16.000 siswa dari 87 sekolah dasar yang terletak dari 9 Kabupaten di Indonesia turut serta dalam acara tahunan ini.

R. Artsanti Alif, Head of Social Investment JAPFA menuturkan, “JAPFA for Kids Awards hadir sebagai upaya kami dalam memonitor serta memastikan keberlanjutan program. Tentu kami berharap bahwa pendampingan yang telah kami lakukan selama ini mampu memberikan dampak bagi anak-anak dalam membiasakan hidup sehat dan mengonsumsi gizi seimbang yang kelak akan dibawa hingga mereka dewasa.”

Rangkaian JAPFA for Kids Awards diawali dengan berbagai kompetisi yang diperuntukkan bagi individu maupun sekolah. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, JAPFA for Kids Awards tahun ini memiliki 2 kategori perlombaan baru, yakni Inovasi Program Kesehatan Sekolah dan Tata Kelola Sekolah, yang bertujuan untuk melihat kebijakan atau program yang telah dijalankan sekolah terkait dengan implementasi PHBS. Begitu pula dengan sistem secara struktural yang terbentuk di sekolah sebagai salah satu dampak program yang diharapkan mampu membawa perubahan perilaku hidup sehat secara berkelanjutan.

Sementara itu, perlombaan individu terbagi menjadi 3, yakni kompetisi menggambar, mengarang dan catur. Demi memperoleh peserta terbaik dari masing-masing daerah, peserta dibagi menjadi 3 wilayah atau zona. Wilayah 1 terdiri dari sekolah yang berada di Tulungagung, Brebes dan Indramayu. Wilayah 2 terdiri dari Subang, Purwakarta dan Serang, serta Gowa, Pinrang dan Sumbawa masuk ke dalam Wilayah 3.

Berdasarkan penilaian dewan juri, pada perlombaan individu didapatkan total 18 pemenang terbaik dari 3 zona untuk kategori menggambar dan mengarang, serta 5 pemenang catur. Pada kompetisi sekolah, terdapat 4 pemenang utama untuk masing-masing kategori Sekolah Sehat dan Tata Kelola Sekolah. SDN Biringkaloro yang terletak di Gowa, Sulawesi Selatan berhasil menjadi salah satu pemenang pada kategori lomba Tata Kelola Sekolah.

Hj ST Sahariah, S.Pd selaku Kepala sekolah SDN Biringkaloro mengucapkan banyak terima kasih kepada JAPFA atas bimbingannya selama 2 tahun ini, khususnya dalam pendampingan tata kelola sekolah atau 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu & Shitsuke). “Pada bulan November yang lalu kami baru menyelesaikan akreditasi sekolah, kami sangat terbantu dalam penyelesaian administrasi sekolah dengan penerapan konsep 5S ini”, ujar Sahariah.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang. Kami berharap JAPFA for Kids Awards dapat menjadi penyemangat sekolah agar senantiasa melanjutkan praktik baik yang telah terjadi,” tutup Artsanti. (jn)