Advertisement Section
Header AD Image

Kemendikbudristek Luncurkan Apkerma untuk Pengelolaan Kerja Sama

Matras News, Tanggerang – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Aplikasi Pengelolaan Kerja Sama (Apkerma) guna mewujudkan pengelolaan dan implementasi kerja sama yang profesional, akuntabel, dan berkualitas. Saat peluncuran Apkerma, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, menyampaikan bahwa Kemendikbudristek memiliki potensial strategis dalam menjalin kerja sama, baik pada sektor dalam negeri maupun luar negeri. “Untuk itu, Apkerma ini diharapkan dapat membantu para pengelola kerja sama di lingkungan Kemendikbudristek dalam memberikan layanan,” ujar Suharti di Tangerang Selatan, Selasa (7/3).

Dengan adanya Apkerma Dikbudristek, Suharti berpesan agar semua pengelola kerja sama terus melayani dan berkinerja lebih baik untuk Indonesia. “Mari kita buat kerja sama ini hidup, aktif, dan memberikan manfaat semaksimal mungkin bagi organisasi dan semua pihak,” pesan Suharti.

Apkerma Dikbudristek merupakan sebuah sistem layanan pengelolaan kerja sama berbasis laman yang terintegrasi mulai dari usulan, penyusunan naskah, hingga pemantauan dan evaluasi kerja sama. Apkerma Dikbudristek didesain sebagai pangkalan data sekaligus sumber informasi dalam pengembangan kerja sama di lingkungan Kemendikbudristek.

Dalam kesempatan yang sama, diungkapkan pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), Anang Ristanto, hingga Februari 2023 Kemendikbudristek telah memiliki 328 naskah kerja sama sektor dalam negeri dan 101 naskah kerja sama sektor luar negeri yang berkolaborasi dengan 53 negara serta berbagai lembaga internasional. Oleh karena itu, untuk mendukung layanan dan fasilitasi kerja sama maka BKHM membuat Apkerma Dikbudristek.

“Apkerma Dikbudristek telah terhubung dengan aplikasi serupa yang dikembangkan oleh unit utama seperti Sikerma Diksi pada Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, aplikasi kerja sama PDM pada Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, serta pangkalan kerja sama di Biro Hukum,” tutur Anang.

Melalui Apkerma Dikbudristek, Anang berharap agar layanan kerja sama yang diberikan dapat semakin baik. Ke depan, Apkerma juga diharapkan dapat menjadi wadah dalam menumbuhkan ide kreatif dalam bekerja sama dan berkomunikasi antar pihak.

Eko Budi Prasetyo, pengelola kerja sama dari Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek menyambut baik hadirnya Apkerma Dikbudristek. Eko berharap dengan Apkerma Dikbudristek maka seluruh pengelola kerja sama di lingkungan Kemendikbudristek dapat mengetahui proses kerja sama yang dilakukan.

Selanjutnya, Sonya, pengelola kerja sama dari Institut Pertanian Bogor mengapresiasi adanya Apkerma Dikbudristek. “Semoga Apkerma dapat menjadi aplikasi yang terintegrasi dengan aplikasi lainnya yang telah dimiliki oleh kampus seperti laporan kerja sama. Dengan Apkerma kami juga berharap nantinya dapat mengunduh data secara mandiri,” harap Sonya.

Senada dengan Sonya, Rini Wulandari, pengelola kerja sama dari Biro Hukum, Sekretariat Jenderal Kemendikbudristek optimis akan hadirnya Apkerma. “Semoga dengan Apkerma akan membawa manfaat bagi semua pengelola kerja sama, dan dapat menjadi sarana publikasi yang lebih luas dan berimplikasi terhadap peserta didik,” ujar Rini. (hr)