Advertisement Section
Observasi Anak Tingkatkan Individu yang Berkarakter Sehingga Tidak Terjadinya Kenakalan Remaja

Observasi Anak Tingkatkan Individu yang Berkarakter, Sehingga Tidak Terjadinya Kenakalan Remaja

Matras News – Kenakalan remaja itu disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: faktor-faktor di dalam diri anak itu sendiri, faktor-faktor di rumah tangga itu sendiri, faktorfaktor di masyarakat, dan faktor-faktor yang berasal dari sekolah.

Individu yang memiliki kontrol diri rendah cenderung bertindak implusif, lebih memilih tugas sederhana dan melibatkan kemampuan fisik, egois senang mengambil resiko dan mudah kehilagan kendali karena mudah frustasi.

Mengubah Individu berkarakteristik ini lebih mungkin kurang di terapkan dalam lingkungan sekolah, akibanya, terlibat dalam hal kriminal dan perbuatan menyimpang daripada mereka yang memiliki tingkat kontrol diri yang tinggi. Pihak sekolah harus terus berupaya merubah Individu berkarakteristik, sehingga hal perbuatan kriminal dapat dihindarkan.

Faktor-faktor di rumah tangga yaitu anak kurang mendapatkan kasih sayang dan perhatian orang tua. Karena kurang mendapat kasih sayang dan perhatian orang tua, maka yang amat dibutuhkannya itu terpaksa dicari di luar rumah, seperti didalam kelompok kawan- kawannya.

Sebuah keluarga dikatakan harmonis apabila struktur keluarga itu utuh dan interaksi diantara anggota keluarga berjalan dengan baik, artinya hubungan psikologis diantara mereka cukup memuaskan dirasakan oleh setiap anggota keluarga.

faktor berikutnya yaitu faktor-faktor di lingkungan. Kurang Pelaksanaan Ajaran-Ajaran Agama secara konsekuen, Lingkungan dapat pula menjadi penyebab kenakalan remaja. (nt)