Advertisement Section

Poltekpar NHI Bandung Menjadi Penggerak Ekonomi Bangsa

Matras News, Bandung – Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno meyakini bahwa mahasiswa dan mahasiswi yang baru saja resmi lulus dari Politeknik Pariwisata (Poltekpar) NHI Bandung akan mampu menjadi agen perubahan serta penggerak ekonomi rakyat.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno dalam pernyataannya saat acara Wisuda Poltekpar NHI Bandung dengan tema By Hard Work All Things Increase and Grow, Grandescunt Aucta Labor, yang berlangsung secara hybrid, Sabtu (26/11/2022).

“Saya yakin dan percaya lulusan Poltekpar NHI Bandung akan menjadi agen perubahan serta agen penggerak ekonomi bangsa.

Amanah untuk ikut serta dalam mengembangkan semangat kebangsaan dan integritas nasional bagi masyarakat. Tentunya dengan kerendahan hati serta semangat juang yang tinggi,” kata Menparekraf Sandiaga.

Poltekpar NHI Bandung yang merupakan salah satu institusi pendidikan di bawah naungan Kemenparekraf ini telah berusia 60 tahun.

Karena telah berdiri sejak 1962. Dan hari ini adalah kali pertama Poltekpar NHI Bandung melaksanakan wisuda sejak beralih status dari Sekolah Tinggi menjadi Politeknik pada Januari tahun 2022.

Hadirnya 717 lulusan Poltekpar ini diharapkan bisa menjadi bagian dari penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru di sektor parekraf pada 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024. 

“Jadikanlah momen hari ini sebagai wujud syukur atas pencapaian yang telah kalian raih. Teruslah berinovasi dan mengasah keterampilan diri.

Sehingga tidak hanya menjadi lulusan yang mencari pekerjaan, namun bisa menciptakan lapangan kerja,” kata Menparekraf Sandiaga kepada wisudawan/wisudawati.

Direktur Poltekpar NHI Bandung Andar Danova L. Goeltom menjelaskan hari ini Poltekpar NHI Bandung meluluskan sebanyak 717 orang dari berbagai program studi.

Mulai dari jenjang Pascasarjana hingga Diploma III. Peserta wisuda terdiri dari 27 mahasiswa program S2 (Pascasarjana), 105 mahasiswa program S1 (Sarjana), 210 mahasiswa program D-IV (Diploma 4), dan 375 mahasiswa program D-III (Diploma 3).

“Mereka semua adalah generasi emas warisan bangsa dan pilar bangsa yang akan segera melanjutkan perjuangan untuk kembali kepada masyarakat, nusa dan bangsa ini. Dengan jumlah lulusan tersebut tentunya menjadi prestasi yang kita nikmati bersama saat ini.

Dan ini adalah sebagian proses untuk terus berbenah meraih masa depan yang lebih cemerlang dan terus berkontribusi signifikan bagi pembangunan pariwisata di Indonesia,” ujar Andar.

Dikatakan Andar, selalu berupaya meningkatkan kualitas dan tiada henti untuk melakukan beragam inovasi baru sesuai dengan permintaan pasar dan perkembangan pendidikan pariwisata global saat ini.

Dan hal inilah yang membuat alumni mudah diserap oleh Industri di seluruh dunia.

“Sekali lagi kami ucapkan selamat, semoga para wisudawan dan wisudawati akan lebih sukses lagi. Dan perlu diingat bahwa ijazah yang diperoleh adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan,” kata Andar.

Wisuda Poltekpar NHI Bandung dihadiri oleh Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani; Inspektur Utama Kemenparekraf/Baparekraf Restog Krisna Kusuma; Direktur Standardisasi dan Sertifikasi Usaha Kemenparekraf/Baparekraf Hanifah; Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenparekraf/Baparekraf, Norman Sasono; Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf, Faisal.

Hadir pula Direktur Poltekpar Bali, Ida Bagus Putu Puja; Direktur Poltekpar Makassar, M. Arifin; Direktur Poltekpar Palembang, Anwar Masatip; dan Plt Direktur Poltekpar Medan, Ngatemin.

Baca Juga : F1 PowerBoat 2023 Telah Sukses Digelar di Danau Toba