Advertisement Section
Header AD Image

Aneka Kuliner Khas Bogor Yang Wajib Anda Rasakan

Matras News – Kota Bogor masih menjadi andalan para wisatawan baik local dan mancanegara, dengan beragam destinasi wisatanya, Pada kesempatan kali ini Matrasnews.com akan bahas aneka Kuliner yang ada di Kota Bogor, dan sangat sayang dilewatkan bila kamu sedang berada di tengah kota Bogor.

1 DOCLANG

Makanan ini mirip dengan ketoprak. Doclang terdiri dari lontong, kentang, irisan tahu goreng dan telur rebus lalu di siram dengan bumbu kacang yang kental ditambah taburan bawang goreng dan kerupuk. Jika kamu ingin mencoba bisa melipir ke jl veteran kota Bogor dekat jembatan merah, pada malam hari banyak penjual nya disana.

2 LAKSA BOGOR

Laksa Bogor merupakan kuliner yang sudah ada puluhan lalu menjadi salah satu kudapan khas kota Bogor. Salah satu ciri khas Laksa Bogor adalah kuahnya yang berwarna kuning, ada pula tambahan oncom merah yang membuat tekstur kuahnya menjadi kental. Dalam satu porsi laksa isinya terdapat ketupat, oncom merah, bihun dan daun kemangi. Sebelum dihidangkan isian laksa disiram beberapa kali dengan kuah panas agar mendapatkan tekstur bihun dan oncom lebih lembut. Kemudian ditambahkan dengan potongan telur ayam, tahu, tidak ketinggalan serundeng. Laksa Bogor ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang siap menggoyang lidah.

3 CUNGKRING

Cungkring ini sebenarnya adalah sebuah singkatan dari cungur kaki pake garingan yang nama aslinya adalah goreng cungur. Makanan ini  jarang ditemui di daerah-daerah lain dan hanya ada di Bogor. Dalam satu cungkring ini terdiri dari kikil, cungur, urat kaki sapi, yang telah direbus dilengkapi dengan lontong dan peyek tempe dengan bumbu kacang. Kamu bisa melipir ke arah Empang jl Raden Aria Wiranata.

4 TOGE GORENG

Toge goreng memiliki cita rasa pedas dan gurih, dengan siraman bumbu tauco asli dan tauge segar masyarakat Bogor biasanya juga menyebut kudapan satu ini adalah geco yaitu toge dengan bumbu tauco dilengkapi dengan kerupuk mie sebagai toppingnya.

5 SOTO KUNING

Selain soto Bogor, ada juga soto kuning yang pastinya memiliki kuah berwarna kuning yang berasal dari kunyit dicampur dengan santan dengan bumbu rempah yang membuat cita rasa soto kuning yang kuat. Dalam semangkuk soto kuning terdapat tauge, babat, kikil, atau daging dan juga bakwan sesuai selera.

Nah itu dia sekiranya kuliner khas Bogor yang bisa di coba bila berkunjung di kota Bogor.

(Ron)