Advertisement Section
Header AD Image

Antusias Warga Meriahkan Kirab Budaya Hajat Bumi Tegal Tanjung, Karawang Jawa Barat

Matras News, Karawang – Antusias Warga Tegal Tanjung RW 19, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang Jawa Barat, meriahkan rangkaian kegiatan Hajat Bumi Tegal Tanjung 2022 pada, Minggu (2/10/22).

Rangkaian kegiatan ini di awali dengan pembukaan dari Kesenian Ajeng, di lanjut dengan karnaval Kirab Budaya Hajat Bumi.

Antusias warga dari anak-anak, orang tua, pelajar dan berbagai paguyuban, ikut meriahkan Kirab Budaya.

Ratusan warga tumpah ruah ikut megiringi beragam macam properti hasil panen petani dengan berjalan kaki sepanjang 4,2 kilometer.

Bukan hanya beragam properti hasil panen petani, beragam busana tradisional bangsa Indonesia yang dikenakan oleh anak-anak dan dewasa, ikut meramaikan karnaval Kirab Budaya.

Baca Juga : Hajat Bumi Tegal Tanjung 2022, Melestarikan Warisan Tradisi Budaya Para Leluhur

Lantunan musik khas masyarakat Sunda pun mengiringi sepanjang perjalanan karnaval Kirab Budaya.

“Kirab Budaya mendorong dan mengajak generasi muda anak bangsa untuk cinta, melestarikan dan mengenal tradisi seni budaya bangsa Indonesia, jangan sampai tradisi dan seni budaya bangsa Indonesia terlupakan karena tergerus dengan zaman saat ini, “ucap seorang warga kepada matrasnews.com.

Karnaval Kirab Budaya menjadi rangkaian kegiatan Hajat Bumi, di lanjut dengan tasyakuran Hajat Bumi dengan mengucap rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, atas segala nikmat dan keberhakan hasil panen setiap tahunnya.

Penutup rangkaian Hajat Bumi disajikan dengan hiburan pentas seni budaya Topeng Pendul “Sinar Pusaka Warna”.

(her)