Advertisement Section
dekranasda

Batu Alam Sukabumi Jadi Primadona dalam Pameran Abastur 2021 di Mexico City

Matras News – Indonesia berhasil meraup potensi transaksi hingga USD 70 ribu dengan kontak buyer potensial sekitar 40 perusahaan di Pameran ABASTUR 2021 yang berlangsung pada 29 September–1 Oktober 2021 di Mexico City, Meksiko.

Salah satu produk yang menjadi primadona adalah produk-produk yang terbuat dari batu alam asal Sukabumi, Jawa Barat. Pameran ABASTUR 2021 merupakan pameran terbesar di Selatan Amerika untuk produk di sektor hotel, restoran, kedai kopi, dan katering.

Pada pameran tersebut, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Mexico City menggandeng tiga perusahaan importir yaitu Sukabumi Stone (produk dekorasi dinding eksterior maupun interior, lantai untuk kolam renang, wastafel, dan bak mandi yang terbuat dari batu alam olahan), Rattan Importa (furnitur dekorasi rumah yang terbuat dari rotan), serta Karlogistik (kopi).

“Stan Indonesia berhasil menarik minat pengunjung karena menampilkan produk dekorasi rumah yang terbuat dari bahan alam seperti batu alam olahan dan rotan.

Baca Juga : Menparekraf Dukung KEK Likupang Sebagai Regenerative Tourism Area

Produk dari Sukabumi Stone, khususnya wastafel yang terbuat dari batu alam menjadi primadona. Produk yang terbuat dari batu alam menampilkan kesan selaras dengan alam, indah, dan eksotik.

Selain itu, harganya juga yang kompetitif. Jenis produk dari Sukabumi Stone lainnya yang diminati pengunjung yaitu bak mandi yang juga terbuat dari batu alam dan kayu,” kata Kepala ITPC Mexico City Husodo Kuncoro.

Menurut Husodo, produk-produk dari batu alam dan rotan menjadi daya tarik tersendiri. “Keunikan dan keindahan menjadi ciri khas kerajinan Indonesia yang selalu dicari oleh masyarakat Meksiko,” tutup Husodo.

Sementara itu, kedai kopi ‘Indonesian Coffee Shop’ milik ITPC Mexico City juga turut hadir mempromosikan kopi andalan Indonesia yaitu Robusta Fine.

“Kami menyediakan kopi gratis selama pameran berlangsung. Keharuman kopi Indonesia saat diseduh tak dipungkiri juga sebagai penarik perhatian pengunjung pameran untuk mengunjungi stan Indonesia,” pungkas Husodo.

Dalam pameran tersebut, ITPC Mexico City sekaligus mempromosikan Trade Expo Indonesia Digital Edition yang akan digelar pada 21 Oktober–4 Nov ember 2021 secara virtual.

Total perdagangan nonmigas Indonesia-Meksiko periode Januari–Juli 2021 mencapai USD 800,7 juta atau meningkat 20,5 persen dibanding periode yang sama tahun 2020.

Sedangkan nilai eskpor nonmigas periode Januari–Juli 2021 sebesar USD 638,7 juta atau meningkat 25,2 persen dibanding periode yang sama tahun 2020. Impor nonmigas periode Januari–Juli 2021 tercatat USD 162 juta atau meningkat 5 persen dibanding periode yang sama tahun 2020.