Advertisement Section
Header AD Image

Dua Suporter Persib Tewas Pada Laga Persib VS Persebaya

Matras News – Pertandingan match day kedua Piala Presiden 2022 itu, Persib Bandung mampu mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada, Jumat (17/6).

Gol Persib dicetak Victor Igbonefo, Nic Kuipers, dan Ciro Alves. Sedangkan gol Persebaya dilesakkan Leo Lelis melalui titik putih.

Dalam laga tersebut sayangnya terjadi insiden yang terjadi di dalam dan luar lapangan, bahkan sampai ada Sporter meninggal.

Seperti diketahui dua bobotoh yang tewas adalah Sopiana Yusup dari Bogor dan Ahmad Solihin asal Cibaduyut akibat berdesak-desakan dengan penonton lain saat masuk ke dalam Stadion.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, seperti termuat dalam rilis Save Our Soccer (SOS), kedua bobotoh itu meninggal saat hendak menyaksikan pertandingan. Keduanya terinjak-injak saat hendak memasuki Stadion GBLA.

Berdasarkan data yang didapat dari match summary seusai laga, jumlah penonton di laga Persib vs Persebaya mencapai 37.872 orang. Artinya, 99,9% persen kursi penonton di Stadion GBLA terisi (kapasitas 38 ribu penonton), padahal peraturan di Piala Presiden 2022 kapasitas hanya boleh terisi 75 persen. Di awal turnamen panitia juga menegaskan mereka hanya mencetak 19.000 tiket untuk tiap pertandingan.

Juga menurut data SOS, Sopiana dan Solihin merupakan korban ke-77 dan 78 yang meregang nyawa sejak Liga Indonesia digelar pada 1994. Para korban meninggal karena berbagai sebab: bentrok dengan sesama suporter, bentrok dengan aparat, kecelakaan, juga karena insiden seperti dalam laga Persebaya vs Persib ini.

(ron)