Advertisement Section
Header AD Image

Telaga Biru Cicerem Menyuguhkan Keindahan Nuansa Alam

Matrasnews.com – Jawa Barat memiliki wilayah dataran tinggi maupun dataran rendah. Hal ini membuat Jawa Barat memiliki berbagai keunikan wisata alam. Salah satu yang unik adalah adanya danau jernih yang begitu indah. Bahkan ada yang mengatakan bahwa danaunya sebening kaca, yaitu Telaga Biru Cicerem di Kuningan.

Nama Telaga Biru memang tidak asal, pemberian namanya di dasarkan pada wujud asli danau tersebut. Dimana air danau nampak biru dan indah. Bahkan, wisatawan juga dapat melihat ikan serta batuan yang ada di dalamnya dengan jelas. Selain itu, ada juga wahana lain di sini yang membuat wisata semakin menarik.

Baca Juga : Panorama Pulau Mungil, Pulau Mengkudu Lampung Selatan Menjadi Pelancong Bagi Wisatawan

Objek wisata ini menetapkan tarif yang sangat murah untuk tiket masuk. Ada juga tarif parkir berdasarkan kendaraan yang dikendarai wisatawan. Selain itu, beberapa spot foto juga dikenakan tarif, namun tentu masih terjangkau. Wisatawan dapat juga menggunakan jasa fotografer supaya hasil foto tertangkap dengan baik, Harga tiket masuk hanya Rp.10.000.

Jam buka objek wisata ini buka dari pagi hingga sore hari. Di tengah masa pandemi covid-19 ini, jam buka dapat berubah. Dan yang pasti, wisatawan harus taat pada protokol kesehatan yang berlaku.

Telaga Biru, sebuah danau yang luas dengan airnya yang nampak biru kehijauan. Bening sebening kaca, membuat siapapun akan terpana melihatnya. Wisatawan pun dapat melihat ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Begitu juga batuan yang ada di dasarnya, tampak begitu jelas dan nyata.

Baca Juga : Menikmati Suasana Pegunungan Di Teras Cibulakan

Di sekitar danau ini terdapat pepohonan yang begitu rimbun. Seolah menutupi kawasan danau dan melindunginya dari dunia luar. Tampak beberapa dahan pohon menyentuh permukaan air. Membuat pemandangan ini tampak semakin asri dan menyejukkan.

Batu-batuan ditata rapi di tepian danau, supaya wisatawan dapat mengunjungi tepian danau. Namun, bentuk dan letak batuan tetap mempertahankan aspek alami sehingga tampak natural. Sehingga keasriannya tetap terjaga dan pemandangan yang tetap indah. Penempatan beberapa spot foto juga hanya di tepian, supaya tidak mengganggu indahnya pemandangan danau.

Selain itu juga wisatawan dapat menikmati kesejukan dari air yang jernih, wisatawan boleh berenang di danau asalkan, hanya di tepian saja.Bagi wisatawan yang tidak ingin berenang tapi masih ingin menjelajahi danau, tenang saja. Wisatawan dapat mencoba menjelajahi danau dengan perahu. Ada perahu-perahu yang disewakan untuk wisatawan. Tentu dengan pengemudi yang sudah handal sehingga aman.

Wisatawan juga boleh membawa perahu karet sendiri atau floating mat. Dan tentunya ini akan lebih menarik lagi. Apalagi jika warna floating mat yang digunakan cerah. Akan tampak mencolok di tengah warna birunya danau dan hijaunya pepohonan.

Objek wisata ini berlokasi di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Berjarak kurang lebih 30 Kilometer dari pusat kota Kuningan. Membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam berkendara untuk sampai ke lokasi wisata telaga ini.

(*) Martin