Advertisement Section
Header AD Image

Mengenal Tempat Wisata Unik di Indonesia

Matrasnews.com – Indonesia mempunyai banyak tempat wisata yang indah. Bahkan bisa dikatakan, Indonesia adalah rajanya tempat wisata di Asia Tenggara. Memang sih, ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang terlihat serupa dengan tempat wisata di negara lain. Misalnya pantai-pantai di Bali atau Lombok. Namun, nggak sedikit juga objek wisata yang punya keunikan tersendiri.

Deretan tempat wisata unik yang hanya ada di Indonesia. Wajib kamu catat sebagai list liburan nanti nih.

1. Kawah Ijen

Kawah ini memberikan pengalaman berbeda dari kawah biasa lho. Yang membuat kawah ini unik adalah kawah ini memancarkan cahaya biru saat dini hari. Pemandangan blue fire seperti ini hanya ada di Ijen, Banyuwangi saja.

2. Pulau Komodo

Pulau ini terkenal sangat eksotis hampir di setiap sudutnya. Kamu bisa menemukan berbagai spot menarik yang berisi komodo, kadal raksasa yang hanya hidup di Indonesia. Nggak hanya itu saja, pantai di Pulau Komodo juga sangat indah karena dikelilingi oleh hamparan pasir berwarna pink.

3. Pemakaman Trunyan

Tempat wisata ini merupakan pemakaman tradisional yang berada di Bali. Di sini, orang yang meninggal tidak dikubur, tapi dibiarkan begitu saja di atas tanah dengan ditutup kain putih. Tentunya di tempat wisata ini, kamu akan mendapatkan pengalaman yang unik dan anti-mainstream.

4. Kuburan Bayi

Toraja memang masih kental dengan adat istiadatnya. Nah, ada salah satu tempat yang sangat unik di Toraja, yaitu pemakaman bayi. Di Kambira, ada pohon besar yang dikhususkan untuk tempat kuburan bayi. Pohon ini dipilih karena kandungan getahnya sangat tinggi. Masyarakat percaya kalau getah ini dapat digunakan sebagai pengganti air susu ibu.

5. Tanjung Puting

Siapa yang nggak tahu tempat wisata yang satu ini? Tanjung Puting bahkan sudah terkenal hingga mancanegara lho. Taman nasional ini terdapat banyak orangutan yang sangat menakjubkan. Mereka dibiarkan hidup bebas di dalam taman tersebut.

6. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban mempunyai keindahan dan keunikan yang luar biasa, namun sayang masih banyak orang yang belum tahu tempat wisata ini. Letaknya di Kalimantan Timur, dan merupakan bagian dari kepulauan Derawan. Uniknya, pulau ini memiliki danau ubur-ubur. Kalau kamu hobi snorkelling, rasakan sensasi menyelam bersama ratusan ubur-ubur yang hidup di pulau ini.

7. Gua Gong

Sesuai namanya, gua yang terletak di Pacitan ini mempunyai bunyi seperti gong apabila batuannya dipukul. Jadi nggak hanya stalaktit dan stalakmitnya saja yang indah, tapi keunikan dari gua ini juga menjadi andalan Pacitan.

Matrasnews.com / Ip