Advertisement Section
Header AD Image

Poland Festival 2022 Digelar di Empat Kota

Matras News, Jakarta – Badan Investasi dan Perdagangan Polandia (Polish Investment and Trade Agency) melalui Kantor Perdagangan Luar Negerinya di Jakarta, bekerja sama dengan Kedutaan Besar Polandia di Jakarta, Polish Business Club, dan Organisasi Pariwisata Polandia, menggelar “Poland Festival 2022 (#PF2022)” untuk merayakan budaya Polandia.

Acara yang dimeriahkan oleh beberapa pelaku industri FMCGs (fast-moving consumer goods), ini mempromosikan produk makanan, minuman, kosmetik, hingga budaya. “Poland Festival 2022” akan berlangsung di empat kota, diantaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Sanur, Bali dari 17 Oktober hingga 6 November 2022.

“Polandia merupakan salah satu negara terbesar di Eropa Tengah, dan kami memiliki banyak hal untuk ditawarkan dalam berbagai aspek, termasuk kepada Indonesia, sebagai salah satu pemimpin di Asia Tenggara. Ada potensi besar di sana dalam perdagangan dan investasi,” kata Jacek Kolomyjec, Kepala Badan Investasi dan Perdagangan Polandia di Jakarta, Senin, 17 Oktober, 2022.

Festival ini akan menampilkan 18 merek FMCG dari Polandia, yang meliputi makanan, minuman, beserta produk kosmetik yang akan dipamerkan dan dapat dibeli di 10 Supermarket yang berpartisipasi di Indonesia, termasuk supermarket Grand Lucky dan Hokky.

“Polandia sebagai salah satu negara terbesar di Timur Tengah, dan sisi lain ada Indonesia yang merupakan pemimpin diantara negara-negara di Asia Tenggara, adalah mitra yang sangat cocok dalam segi bisnis,” ucap Beata Stoczyńska, Duta Besar Polandia untuk Indonesia.

“Harapan kami kedepannya adalah untuk membawa bisnis Polandia ke Indonesia, dan sebaliknya (membawa) bisnis Indonesia ke Polandia. Saya sangat senang dengan hadirnya misi sector railway di Jakarta dan Bandung. Setelah festival (ini selesai) saya berharap pertukaran perdagangan (antara Polandia dan Indonesia) akan tumbuh,” tambah Beata.

Selain itu, festival ini akan menampilkan perkembangan terkini dari perusahaan industri teknologi dan kereta yang berfokus pada energi hijau dan hidrogen.

Festival ini juga akan menampilkan tiga pameran yang menampilkan dari segi batik, desain, dan fotografi, di samping permainan, kuis, hadiah, Poland flash course, food tasting, dan berbagai macam promo menarik.

“Sebagai (perwakilan) dari Organisasi Pariwisata Polandia, kita sangat senang dapat membuka pameran di (gedung) Bursa Efek Jakarta untuk memperlihatkan kepada masyarakat Indonesia segala macam pemandangan indah dari Polandia, beserta keragaman kota-kota kita yang unik,” ucap Wakil Direktur Marketing dari Organisasi Pariwisata Polandia, Artur Pielaszek.

“Pameran ini hanya awal, kedepannya kami ingin mengajak masyarakat Indonesia ke Polandia. Kami juga membawa mitra-mitra kami dari Polandia dan Eropa Tengah untuk memperkenalkan agensi dan operator pariwisata Indonesia sehingga Polandia dapat menjadi destinasi wisata utama untuk masyarakat Indonesia di masa depan,” lanjut Artur.

Ada juga pembukaan Pameran Seni Tekstil dan Batik Kontemporer Polandia di Museum Nasional Indonesia di Jakarta Pusat mulai dari 3 Oktober hingga satu bulan penuh, yang menandai dimulainya “Poland Festival 2022”.

Mulai dari 17-31 Oktober, Pameran Foto Pariwisata akan menampilkan pemandangan dan cakrawala Polandia melalui fotografi dan dibuka untuk pengunjung di gedung Bursa Efek Indonesia.

Sementara itu, mulai dari 19-21 Oktober, pengunjung dapat menghadiri Paviliun Kereta Api Nasional Railwaytech Indonesia dan konferensi di JIExpo di Kemayoran, Jakarta Utara, untuk melihat perkembangan teknologi industri railway di Polandia.

“Kami saat ini dalam misi perdagangan di Jakarta dan kami senang untuk berbagi pengalaman kami dengan industri kereta api Polandia, industri kereta api Polandia memiliki sejarah panjang, jalur pertama didirikan pada tahun 1842, dengan pengalaman 150 tahun, kami senang untuk berbagi pengetahuan dengan Indonesia,” kata Grzegorz Gałczyński, Manajer Industri Strategis untuk Badan Investasi dan Perdagangan Polandia.

“Kami datang ke sini dengan perusahaan kereta api Polandia untuk berbagi pengetahuan dan teknologi dengan mitra lokal, peran saya adalah untuk menceritakan tentang langkah nasional baru dalam evolusi kereta api, yaitu revolusi hidrogen yang sedang dilalui oleh Polandia,” tambah Grzegorz.

Pada Poland Festival 2021 tahun lalu, sistem penangkapan gerak (sensor) di supermarket Grand Lucky dan Hokky mencatat bahwa PF2021 didatangi lebih dari 168,000 pengunjung. Berdasarkan data penjualan yang disediakan oleh toko dan importir yang ikut serta, penjualan mencatat pertumbuhan antara 70 persen hingga 400 persen hanya dalam 2 minggu di bulan November dibandingkan dengan bulan terbaik di masa lalu, yang menunjukkan bahwa festival tersebut berhasil meningkatkan kesadaran publik akan Polandia, termasuk dalam aspek budaya, bahasa, pariwisata, serta pengenalan merek FMCG Polandia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.paih.gov.pl atau hubungi [email protected]

(red)