Advertisement Section
Header AD Image
Foto Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani PHRI Gandeng JHA Gelar Vaksinasi Dosis Kedua

Rakernas II PHRI Tahun 2022, PHRI Yakin 2022 Momen Memulihkan Pariwisata

Matrasnews.com – Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, sangat yakin dan percaya diri jika tahun ini akan menjadi momentum yang baik dalam memulihkan pariwisata di Tanah Air.

“Kami yakin 2022 adalah momentum baik, karena tren COVID-19 telah menunjukkan tanda-tanda menuju endemik, atau virus yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Hariyadi dalam RAKERNAS II PHRI Tahun 2022, Rabu 9 Februari 2022 secara daring.

Kepercayaan diri ini timbul, setelah melihat adanya kebijakan dari beberapa negara yang telah membuka perbatasan, termasuk juga pada negara yang telah melonggarkan protokol kesehatan terkait COVID-19, tidak menjadi seketat ketika awal pandemi terjadi.

Hariyadi menyampaikan, dalam Rapat Kerja Nasional PHRI, ada hal-hal yang didiskusikan meliputi cara untuk membangkitkan lagi pariwisata yang terdampak akibat COVID-19, dengan menciptakan pasar baru. Namun, usulan ini hanya dapat dicapai, jika melibatkan berbagai pihak, yaitu dengan kolaborasi.

Jenis kerja samanya pun tidak sekadar antara PHRI dengan rekan-rekan asosiasi pariwisata, tetapi juga berkolaborasi bersama dengan Pemerintah pusat, Pemerintah daerah, sampai perusahaan swasta lain.

“Tema kolaborasi sangat ditekankan terkait pemulihan dan kebangkitan pariwisata,” terangnya.

Hariyadi juga mengatakan, Rapat Kerja Nasional hari ini sudah menghasilkan rumusan-rumusan baru program, terkait dengan kolaborasi dari berbagai pihak. Ia juga mengharapkan adanya dukungan dari banyak pihak, terutama pihak-pihak selain PHRI, guna bersama-sama mewujudkan dalam memulihkan pariwisata.

Presiden Jokowi, juga sudah mulai membuka kembali penerbangan internasional ke Bali yang sudah berlaku secara efektif, sejak 4 Februari 2022. Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, gencar dalam meningkatkan kualitas program warm out vacation dalam menyambut Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang datang ke Indonesia melalui penerbangan langsung ke Bandara Ngurah Rai, Bali.

Program Bali warm our vacation inovasi yang dirancang khusus untuk wisatawan yang baru saja datang ke Bali, agar dapat menjalani karantina dalam hotel dengan sistem bubble, yang memperbolehkan untuk para tamu karantina untuk melakukan berbagai aktivitas di area bubble yang secara khusus disiapkan oleh pihak hotel.

(her)