Advertisement Section
Header AD Image
Schneider Electric Tampilkan Beragam Solusi Digital

Schneider Electric Tampilkan Beragam Solusi Digital

Matras News – Schneider Electric™, pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi, menggelar acara Innovation Day di Surabaya dengan tema “Journey towards Sustainable Industry” dan menampilkan beragam solusi digital dan otomasi yang dapat mendukung akselerasi pengembangan kawasan industri hijau di Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut Schneider Electric juga akan berbagi trend teknologi terbaru, wawasan dan pengalamannya dalam membantu pelaku industri dalam mentransformasi bisnis dan operasional menjadi lebih cerdas, dan sustainable.

Berlokasi di Hotel JW Marriot, acara Innovation Day ini dihadiri dari pemangku kebijakan, pelaku industri, integrator sistem, konsultan, dan kontraktor.

Martin Setiawan, Industry Business Vice President Schneider Electric mengatakan, “Peran Jawa Timur yang begitu strategis sebagai kawasan industri dan hub perdagangan lintas wilayah Indonesia Timur membutuhkan pengelolaan yang terintegrasi, efektif, andal, tangguh dan sustainable.

Hal ini dapat diwujudkan dengan digitalisasi, pemanfaatan teknologi otomasi dan transisi energi bersih.

Pada Innovation Day kali ini, Schneider Electric mengundang pemangku kepentingan di Jawa Timur untuk berdiskusi dan melihat secara langsung berbagai solusi terkini yang dapat mendukung percepatan transformasi kawasan industri hijau.

Perusahaan menampilkan berbagai solusi terintegrasi untuk digitalisasi dan otomasi proses yang berlandaskan pada software centric automation, serta pengelolaan bangunan pabrik yang lebih efisien dan sustainable.

Lebih lanjut Yana Achmad Haikal, Data Center Business Vice President Schneider Electric menyampaikan, “Dengan semakin banyaknya perangkat yang terhubung di lingkungan operasional pabrik.

Terdapat dua hal penting yang perlu dikelola secara tepat oleh pelaku industri, yaitu memastikan keandalan dan performa listrik yang prima, serta pengelolaan data yang lincah, andal dan berkelanjutan.

Micro data center menjadi kebutuhan yang krusial untuk dapat mendukung operator dan manajemen pabrik mengelola data di lingkungan pabrik, menganalisa dan membuat keputusan secara real time, tanpa adanya latensi.

Sementara itu, rangkaian solusi kelistrikan mulai dari Uninterruptible Power Supply (UPS) hingga software monitoring dibutuhkan untuk meningkatkan visibilitas  terhadap arus distribusi listrik, dan keandalan akses listrik tanpa adanya gangguan yang dapat menyebabkan terhentinya kegiatan operasional.”

Adapun beberapa solusi unggulan Schneider Electric yang akan ditampilkan pada Innovation Day Surabaya ini antara lain:

EcoStruxure Automation Expert, sistem otomasi industri pertama berbasis software centric automation dengan standar IEC61499.

Solusi ini dapat menghilangkan hambatan yang selama ini acap kali terjadi akibat perbedaan standarisasi sistem dari teknologi yang digunakan, mempermudah integrasi antara OT dan IT, dan memberikan fleksibilitas dalam peningkatan kapasitas yang dibutuhkan.

Solusi ini juga dapat membantu pelaku industri memikirkan ulang rekayasa dengan pendekatan berpusat pada perangkat lunak yang memberikan kebebasan yang luas bagi teknisi untuk berinovasi dan berfokus pada penambahan ​yang bernilai tinggi.

Memudahkan dilakukannya perubahan dalam merancang dan mengonfigurasi ulang proses sekaligus, memiliki portabilitas dan interoperabilitas yang lebih baik, mendorong efisiensi teknik dan efektivitas operasional hingga 100%.

EcoStuxure Micro Data Center Seri R, memungkinkan perangkat TI dan OT yang kritikal bekerja lebih dekat ke tempat penggunanya. EcoStruxure Micro Data Center Seri R menyediakan solusi yang lengkap seperti cooling, UPS, sistem keamanan, remote monitoring; mudah digunakan.

Dan mudah dikelola – disesuaikan untuk penggunaan industri dan didesain khusus untuk penggunaan di lingkungan pabrik dan gudang yang membutuhkan performa perangkat data center yang tangguh dengan lingkup ruangan yang terbatas.

Dengan fitur remote monitoring, staf TI dapat memantau performa micro data center darimana saja dan kapan saja sehingga memudahkan staf TI dalam melakukan pekerjaan dan meningkatkan produktivitasnya.

EcoStruxure Power Monitoring Expert, perangkat lunak untuk monitoring daya listrik yang memberikan wawasan terkait kinerja sistem kelistrikan dan efisiensi energi sehingga manajemen dapat mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan kinerja.

Memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap staf dan aset dengan kemampuan analisa yang dapat mendeteksi kondisi gangguan yang berisiko terhadap keselamatan, mengidentifikasi penggunaan energi yang tidak normal.

Dan kemampuan prediktif yang dapat mengurangi biaya perawatan dan meningkatkan kinerja operasional sistem kelistrikan dalam lingkungan pabrik.

“Tahun ini Schneider Electric memperingati 50 tahun di Indonesia, dan pada kesempatan kali ini kami ingin mengundang 50 perusahaan yang ingin memulai perjalanan sustainability-nya untuk mendapatkan assessment EcoConsult secara gratis.

Hasil assessment ini meliputi kondisi peralatan, risiko terhadap keamanan dan performa distribusi listrik, solusi untuk mengelola risiko tersebut, rencana perawatan dan pemutakhiran, dan peta jalan transformasi digital.

Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi operasionalnya saat ini untuk perencanaan yang lebih tepat sasaran dan terukur”, tutup Martin.

Pendaftaran assessment dapat dilakukan di sini, dan silakan kunjungi website Schneider Electric untuk mengetahui beragam solusi untuk sektor industri.