Advertisement Section
Header AD Image

Tokopedia Fashion Week Kembali Digelar, Dorong Kemajuan Brand Fashion Lokal

Matras News – Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), pada 2022, ekonomi kreatif memberikan kontribusi 7,8% terhadap ekonomi nasional, dimana fashion, kuliner dan kriya menjadi penyumbang terbesar. Kemenparekraf RI juga menjelaskan bahwa ekonomi kreatif–khususnya fashion, kuliner dan kriya–di Indonesia berpotensi menyumbang hingga 20% terhadap ekonomi kreatif global.

“Untuk membuat kontribusi industri fashion makin signifikan ke perekonomian dalam negeri, Tokopedia menghadirkan Tokopedia Fashion Week 2023. Ini merupakan kampanye tahunan Tokopedia yang menampilkan berbagai pilihan produk dari sederet brand fashion lokal. Tahun ini, Tokopedia Fashion Week memfasilitasi sejumlah brand fashion lokal untuk berkolaborasi dengan influencer dan menghasilkan produk eksklusif, yang hanya bisa didapatkan melalui Tokopedia,” ungkap Head of Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo.

“Selain memberikan panggung lebih luas bagi brand fashion lokal, Tokopedia Fashion Week juga berupaya mengakomodasi tingginya tren belanja online masyarakat akan produk fesyen. Karena menurut data internal kami, fashion adalah salah satu kategori produk yang paling diburu masyarakat Indonesia lewat Tokopedia pada semester I 2023,” tambah Aldhy.

Tren Belanja Online Fesyen Tokopedia: Transaksi di Indonesia Timur Melonjak
“Tren belanja online produk fashion–baik fashion wanita, fashion muslim dan fashion pria–lewat Tokopedia terus menunjukkan angka positif. Kabupaten Intan Jaya (Papua Tengah), Raja Ampat (Papua Barat) dan Maluku Barat Daya (Maluku) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah transaksi pada kategori Fesyen di Tokopedia, pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2,5 kali lipat,” kata Aldhy.

Pada semester I 2023 dibanding semester I 2022, di Fashion Wanita, sepatu, atasan dan aksesoris menjadi beberapa produk paling laris. Di Fashion Muslim, pakaian muslim pria, dress muslim wanita dan perlengkapan ibadah menjadi beberapa produk yang paling banyak dibeli. Di sisi lain, pada Fashion Pria, sepatu, blazer dan jas serta batik, menjadi beberapa produk paling diburu.

“Tokopedia juga mencatat, Kabupaten Sampang (Jawa Timur), Muaro Jambi (Jambi) dan Aceh Barat (Aceh) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual pada kategori Fesyen di Tokopedia, pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 2,5 kali lipat,” tambah Aldhy.

Tokopedia Fashion Week 2023 Banjir Koleksi Eksklusif Brand Fashion Lokal
Untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan masyarakat akan produk fashion dan makin mendorong geliat industri fashion di Indonesia, Tokopedia menghadirkan kampanye Tokopedia Fashion Week 2023 hingga 16 Juli 2023. Melalui Tokopedia Fashion Week 2023, masyarakat bisa mendapatkan berbagai pilihan produk fesyen terkurasi–baik fashion wanita, fashion muslim, modest wear dan fashion pria–khususnya dari brand fashion lokal.

Masyarakat pun bisa lebih hemat belanja online produk fesyen di Tokopedia Fashion Week 2023 karena ada flash sale mulai dari Rp7.000, diskon hingga 99% serta berbagai penawaran menarik lainnya.

Tokopedia Fashion Week 2023 memfasilitasi sejumlah brand fashion lokal, antara lain Jolie Clothing, SARE studio, KAMI, INPACA, Callie Cotton dan SAVA Shoes, untuk berkolaborasi dengan influencer dan menghasilkan koleksi eksklusif, yang hanya tersedia di Tokopedia dan diluncurkan secara berkala selama kampanye Tokopedia Fashion Week 2023 berlangsung.

Utamakan Pelanggan, Jumlah Pelanggan Jolie Clothing di Tokopedia Naik Signifikan
Didirikan oleh Stefani Tan pada tahun 2014, Jolie Clothing fokus menawarkan produk fashion yang sesuai dengan preferensi pelanggan. “Selain menyediakan produk ready-to-wear, kami juga memiliki layanan made-to-order untuk menyesuaikan produk dengan ukuran tubuh konsumen,” jelas Stefani.

“Sejak bergabung di Tokopedia pada tahun 2018, jumlah pelanggan Jolie Clothing naik signifikan,” kata Stefani. Di Tokopedia Fashion Week 2023, Jolie Clothing meluncurkan koleksi eksklusif ‘Classy Coordinate’, berkolaborasi dengan influencer dan dokter kecantikan, Amelia Gonta. Koleksi ini menawarkan workwear yang sesuai dengan sosok Amelia, dengan sentuhan khas Jolie Clothing.

Penjual di Tokopedia SARE studio Berdayakan Perempuan Komunitas Penjahit Bogor
Sejak 2015, SARE studio menawarkan berbagai produk everyday pajamas. “Kami berkolaborasi dengan komunitas penjahit di Bogor yang mayoritas perempuan. Produk kami nyaman dipakai karena menggunakan bahan yang bagus, dan nyaman di hati karena bisa terurai kembali ke tanah,” kata Pemilik SARE studio, Putri Andamdewi.

“SARE studio sangat mengapresiasi Tokopedia yang mendukung brand fashion lokal. Berkat kampanye Tokopedia, transaksi SARE studio bisa naik hingga 50% dibandingkan rata-rata bulanan,” kata Putri. Pada Tokopedia Fashion Week 2023, SARE studio merilis koleksi eksklusif ‘BIJOU’, berkolaborasi dengan influencer lifestyle, Dhatu Rembulan, dan dirancang atas dasar kenyamanan.

Pesanan Brand Fashion Lokal Surabaya KAMI Melonjak 10x Lipat Berkat Tokopedia
KAMI didirikan oleh Michelly Mondong dan Livia Tan pada tahun 2019 dan menawarkan berbagai produk tas. “Kami awalnya membuat hampers tas untuk acara keluarga. Ternyata responnya sangat positif. Akhirnya, tas itu–Keira Bag–menjadi koleksi pertama KAMI,” ungkap Michelly.

“Berkat kampanye-kampanye dan peluncuran eksklusif di Tokopedia, pesanan KAMI bisa meningkat hingga 10 kali lipat,” kata Michelly. Di Tokopedia Fashion Week 2023, KAMI merilis koleksi eksklusif ‘The IT Bag’, berkolaborasi dengan influencer lifestyle, Anissa Aziza. Dengan desain minimalis dan estetik, koleksi tersebut akan dirilis tanggal 7 Juli 2023 secara eksklusif di Tokopedia.

Terinspirasi Alpaca, Pelaku Industri Fashion Bandung INPACA Berbisnis di Tokopedia
Fransisca Cika dan Mel Yohana mendirikan brand fashion sepatu lokal asal Bandung INPACA pada tahun 2019. “Kami terinspirasi dari alpaca sebagai hewan attention grabber, jadi siapa pun yang melihat pasti suka dan tertarik. Dalam menghasilkan produk, kami menggandeng kelompok perajin di Jawa Barat dan menawarkan sepatu berdesain classic contemporary,” jelas Fransisca.

“Kami bergabung di Tokopedia karena pengguna Tokopedia–khususnya perempuan–sangat sesuai dengan target INPACA,” jelas Fransisca. Di Tokopedia Fashion Week 2023, INPACA meluncurkan koleksi eksklusif ‘The Obsession’, berkolaborasi dengan influencer fashion, Delvanni, dan menghadirkan block heels, flat shoes serta flat sandals dengan konsep playful nan eksentrik.

Penjual Sustainable Fashion di Tokopedia Callie Cotton Usung Desain Unik Kekinian
Callie Cotton, brand fashion lokal yang menghadirkan berbagai produk fesyen, baik atasan, bawahan maupun outwear, berdiri sejak tahun 2017. “Callie Cotton, yang berarti cantik dalam bahasa Yunani, ingin menghadirkan produk agar membuat yang memakainya merasa cantik dan percaya diri dengan keunikan dirinya. Kami bergabung dengan Tokopedia sejak awal 2018 untuk melebarkan jangkauan pasar ke seluruh wilayah di Indonesia,” kata Paola Yuktipada, Pemilik Callie Cotton.
t
Dalam menghadirkan produknya, Callie Cotton menerapkan pendekatan fashion-conscious brand yang menyediakan produk trend fashion terkini dengan kualitas yang baik dan desain yang unik. Pada Tokopedia Fashion Week 2023, Callie Cotton meluncurkan koleksi eksklusif ‘Callie x Elxi’ yang berkolaborasi dengan Elxi Elvina, influencer fesyen.

Fokus Online, Brand Fashion Lokal Bogor SAVA Shoes Tingkatkan Omzet 300%
Produsen sepatu asal Bogor, SAVA Shoes, menawarkan heels, sandals, hingga flat shoes. “Awalnya kami hanya fokus jualan offline, namun pandemi membuat kami harus mengganti strategi bisnis. Dengan memanfaatkan platform online Tokopedia, kami bisa bertahan dan terus membantu ekonomi para perajin yang kami gandeng,” jelas Pemilik Usaha SAVA Shoes, Linda Lo.

Linda menambahkan, “Berkat platform digital khususnya Tokopedia, omzet kami bisa naik 300%.” Pada Tokopedia Fashion Week 2023, SAVA Shoes meluncurkan koleksi eksklusif ‘In Her Shoes’, berkolaborasi dengan influencer fesyen, Valen Amijo, dengan memadukan gaya Valen yang quirky. (*)