Advertisement Section
Header AD Image

Begini Caranya, Beli Pertalite dan Solar Pakai Aplikasi MyPertamina

Matras News – Pembelian Pertalite dan Solar di SPBU Pertamina bakal diperketat. Mulai per 1 Juli 2022, PT Pertamina Patra Niaga akan melakukan uji coba pembelian Pertalite dan Solar bagi pengguna yang sudah terdaftar pada sistem berbasis aplikasi MyPertamina.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan situs web MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022. “Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini. Kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar,” ujar Alfian dikutip dari laman resmi Pertamina,pada hari Selasa (28/6/2022).

Dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina, karena pendaftaran dilakukan semua di situs web MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Alfian menambahkan pihaknya bersama pemerintah mewajibkan aturan ini agar pembelian BBM Pertalite dan Solar tepat sasaran. Nantinya sistem MyPertamina akan membantu melakukan pencocokan data pengguna dan transaksi tercatat secara digital. Menurut Alfian, aturan ini dilakukan agar pemerintah bisa membuat program atau kebijakan terkait subsidi energi bersama pemerintah. “Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar,”.

Dengan diberlakukannya program ini, Pertamina dan pemerintah bisa melindungi masyarakat yang berhak menikmati bahan bakar bersubsidi.

Berikut tahapan pendaftaran pengguna baru MyPertamina yang akan dibuka pada tanggal 1 Juli 2022:

*Siapkan dokumen yang dibutuhkan: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya

*Buka website https://subsiditepat.mypertamina.id/

*Centang informasi memahami persyaratan

*Klik daftar sekarang

*Ikuti instruksi dalam website tersebut

*Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala

*Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Untuk pengguna yang sudah melakukan registrasi, baik kendaraan maupun identitas, akan mendapatkan notifikasi melalui email.

Menurut Alfian, pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data telah cocok dan bisa membeli Solar atau Pertalite.

“Yang terpenting adalah memastikan menjadi pengguna terdaftar di website MyPertamina, jika seluruh data sudah cocok maka konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital,” ujar Alfian.

Adapun implementasi tahap 1 pembelian BBM Solar dan Pertalite menggunakan MyPertamina akan dilaksanakan di 11 daerah. Di antaranya Kota Bukit Tinggi, Kab. Agam, Kota Padang Panjang, Kab. Tanah Datar, Kota Banjarmasin, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kota Manado, Kota Yogyakarta, dan Kota Sukabumi.

(ron)