Advertisement Section
Header AD Image

Berbagi Tips Bersama Tokopedia Agar Gaji Tidak Cepat Habis

Matrasnews.com – Pandemi merupakan situasi dengan ketidakpastian yang sangat tinggi sehingga menuntut masyarakat lebih jeli dalam mengelola keuangan. Riset 2020 LPEM FEB UI mengungkap rata-rata pengeluaran bulanan masyarakat sebelum dan saat pandemi di Tokopedia meningkat 71%.

“Mengelola penghasilan dengan bijaksana sangat penting agar setiap bulan ada dana yang dialokasikan untuk kebutuhan mendadak, terutama di tengah situasi tidak pasti seperti saat pandemi ini. Tokopedia pun membagikan tips mudah mengelola penghasilan dengan bijak di masa pandemi,” kata AVP of Payment Tokopedia, Astrid Theresia Tampubolon.

1.    Catat Semua Pengeluaran – Rutin mencatat pengeluaran akan membantu memonitor keluar masuk dana. Hal ini membantu kita mengevaluasi dan mengeliminasi pengeluaran yang tidak perlu ke depannya.

2.    Atur Prioritas Kebutuhan – Mengatur keuangan bulanan penting dilakukan agar gaji yang dimiliki bisa dialokasi dengan baik. Terutama di tengah pandemi, atur prioritas pengeluaran berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.

3.    Manfaatkan Promo – Jeli memanfaatkan promo akan membuat belanja kebutuhan sehari-hari menjadi lebih efisien. Di Tokopedia misalnya, masyarakat bisa mendapatkan promo setiap hari di Tokopedia (tokopedia.com/promo), salah satunya cashback hingga Rp75.000 jika menggunakan Gopay atau GoPayLater hingga 31 Oktober 2021 mendatang.

4.    Pisahkan Rekening Tabungan – Menabunglah di awal ketika baru saja menerima gaji dan pisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran sehari-hari. Hal ini akan membuat pengelolaan keuangan lebih efektif.

5.    Jangan Lupa Investasi – Financial Consultant, Prita Hapsari Ghozie, menyarankan saat mulai berinvestasi, masyarakat perlu mempelajari serta memilih jenis investasi sesuai dengan risiko dan keuntungan masing-masing.

“Pastikan produk investasi tersebut telah memiliki izin yang tepat serta menyajikan portofolio laporan investasi yang transparan,” ujarnya di acara virtual Tokopedia beberapa waktu lalu.

Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksadana, misalnya, dapat menjadi pilihan investasi yang aman dan terjangkau, terutama untuk pemula, serta dapat dijalankan baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

(*) Matrasnews.com