Advertisement Section

Menghilangkan Double Chin Dengan Senam Wajah

Matrasnews.com – Bagi beberapa orang, double chin atau lipatan lemak dagu bisa menjadi sumber masalah karena dianggap mengganggu penampilan. 

Adanya penumpukan lemak berlebih di dagu ini, menurut dr. Reza Fahlevi, Sp. A, dapat diatasi dengan sejumlah cara. Salah satunya dengan menjaga asupan kalori yang seimbang dan menghilangkan kebiasaan hidup sedenter (malas bergerak, kebanyakan melihat layar gadget, dan hobi makan camilan).

Baca Juga : Ketahui Kondisi Moon Face Pipi Chubby

Selain itu, untuk menghilangkan double chin, dr. Reza menyarankan Anda menjalani olahraga teratur. Salah satu olahraga tersebut adalah dengan melakukan gerakan senam wajah. Mengutip dari Livestrong, berikut adalah gerakan senam wajah penghilang double chin.

Julurkan Lidah ke Langit-langit Mulut

Untuk melakukan gerakan ini, Anda harus duduk dengan posisi punggung lurus dan bahu dalam keadaan rileks. Kemudian, tengadahkan kepala Anda ke atas, melihat ke arah langit.Tempelkan lidah Anda pada langit-langit mulut.Turunkan dagu sejauh yang Anda sanggup ke arah dada. Pertahankan kondisi punggung tetap lurus dan rasakan kontraksi yang terjadi pada dagu dan bagian depan leher Anda.Tahan selama beberapa detik. Lalu kembalikan lidah, leher dan wajah ke posisi semula dalam keadaan rileks.Lakukan gerakan ini sebanyak dua set, masing-masing set sebanyak 20 repetisi.

Cemberut

Olahraga menghilangkan double chin berikutnya dengan melakukan gerakan seperti orang cemberut. Anda dapat melakukan gerakan ini dengan duduk maupun berdiri. Kemudian, julurkan bibir bawah sejauh mungkin. Masih di posisi yang sama, kontraksikan otot-otot di bagian depan leher dengan menurunkan dagu ke arah dada sejauh mungkin. Pertahankan kondisi punggung tetap lurus. Tahan selama beberapa detik, lalu kembalikan lidah dan leher pada posisi semula dalam keadaan rileks. Lakukan gerakan ini sebanyak dua set, masing-masing 20 repetisi.

Mulut Bentuk Huruf “O”

Pertama, duduklah dengan posisi punggung lurus dan bahu dalam keadaan rileks. Kemudian, tengadahkan kepala Anda ke atas, melihat ke arah langit.Buka mulut Anda, seakan membentuk huruf “O”.Tahan posisi ini selama 20 detik dan rasakan kontraksi yang terjadi pada kedua sisi leher di bawah garis rahang Anda. Kembalikan mulut dan dagu ke posisi semula dalam keadaan rileks.Lakukan gerakan ini sebanyak dua set, masing-masing 10 repetisi.

Baca Juga : Apakah Benar Diperlukan Skincare untuk Bayi

Putar Kepala

Gerakan ini dapat dilakukan dalam posisi duduk maupun berdiri.  Pastikan tulang punggung Anda lurus. Kemudian, mulai putar kepala secara perlahan dan lembut.  Gerak atau putar kepala satu lingkaran penuh, mulai dari bahu menuju bagian belakang kepala, kemudian diteruskan ke arah dada.Arah putaran kepala bisa dimulai dari kiri maupun kanan.

Pastikan bahu Anda tetap rileks selama melakukan gerakan ini. Lakukan gerakan putar kepala sebanyak 10 repetisi. Lima repetisi untuk putar kepala ke arah kiri. Lima lainnya ke arah kanan.

Mengunyah

Gerakan mengunyah dapat dilakukan dalam posisi duduk maupun berdiri. Pastikan tulang punggung Anda lurus. Lakukan gerakan mengunyah dengan kondisi mulut tertutup. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, kemudian hembuskan perlahan sambil bersenandung. Lalu, buka mulut Anda selebar mungkin sambil menjulurkan lidah ke belakang gigi bagian bawah.Tahan posisi ini, lalu tarik napas dan buang sambil mengeluarkan suara “aaaah”. Lakukan gerakan ini sebanyak dua kali repetisi, setiap satu set berkisar 90 detik.

Julurkan Lidah ke Luar Mulut

Gerakan ini dapat dilakukan dalam posisi duduk maupun berdiri.  Ingat, pastikan tulang punggung Anda lurus. Kemudian buka mulut Anda selebar-lebarnya. Julurkan lidah sejauh mungkin hingga Anda merasakan dagu dan leher menegang.Tahan posisi ini selama 10 detik. Kemudian kembalikan lidah dan mulut pada posisi awal dalam keadaan rileks. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 repetisi.

Itu dia keenam macam olahraga untuk mengatasi double chin yang dapat Anda praktikkan di rumah. 

(*) Matrasnews.com / KD