Advertisement Section
Header AD Image
J.Lo Hotel Dukung Lions Club Jember Argopuro Goes to School

J.Lo Hotel Dukung Lions Club Jember Argopuro Goes to School

Matras News, Jember – Ditengah kesemarakan dan kesibukan merayakan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Watukebo (MIM MUTU) Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Selatan menjadi tuan rumah program Lions Goes to School.

Program dengan focus 3 R Reduce, Reuse dan Recycle, kolaborasi Lions Club Jember Argopuro (LCJA), Bank Sampah Induk Karya Mandiri dengan sponsor utama Java Lotus (J.Lo) Hotel Jember.

Pengolahan sampah ini menjadi sangat penting, mengingat Indonesia berada di peringkat ke-2 penyumbang sampah plastik di dunia, cukup memprihatinkan.

Di perlukan sinergi, kolaborasi ekosistem kemasyarakatan untuk penanganan sampah khususnya sampah plastik, baik masyarakat secara individual, kalangan industri dan pemerintah.

Masyarakat, pribadi lepas pribadi harus aware dengan kondisi ini. Mulai dari diri sendiri untuk “menekan” tumpukan sampah, menggunakan ulang, memilah dan membuang sampah pada tempatnya #KitaPilah.

Bagi menejemen Java Lotus Hotel, pengelolaan sampah dengan baik selayaknya dilakukan secara konsisten berkesinambungan, tidak hanya one shot project saja.

Untuk itu Tim Java Lotus Hotel dan Lions Club Jember Argopuro bersinergi  dengan MIM MUTU dalam pelaksanaan program edukasi pengelolaan sampah.

Perlu dipahami bahwa Lions Goes to School adalah program Lions Internasional dalam program edukasi waste management yang dilaksanakan club-club di wilayah masing-masing di seluruh dunia.

Selain dengan Lions Club Jember Argopuro, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Watukebo, juga telah bekerjasama dengan organisasi internasional lain sehubungan dengan pengelolaan sampah.

Implementasi Lions Goes to School melibatkan 68 murid kelas 3 Madrasah dengan alasan mendasar anak didik mampu memahami manfaat baik dan buruk hal sampah, limbah keseharian mereka.

Menularkan cara berfikir positip hal pengelolaan sampah dan mereka masih memiliki cukup waktu untuk mengembangkan menularkan sikap positip dalam pengelolaan sampah di sekolahnya, sebelum mereka lulus SD.

Bermain dan Belajar

Pada Kamis, 2 Mei itu “think thank” edukasi 3R pengolahan sampah dilakukan oleh Cak Mad dari Bank Sampah Induk Karya Mandiri.

Sementara Project Officer Baksos LCJA, Jeffrey Wibisono, berceritera hal kondisi dan klasifikasi sampah standar Lions Internasional.

Melalui program Lions Goes to School diharapkan anak didik di MIM MUTU dapat menjadi role model dalam membentuk kebiasaan/habbit, gaya hidup “minim/rendah” sampah, meminimalisir tumpukan sampah yang dihasilkan setiap hari.

Bagi volunteer J.Lo Hotel, keikutsertaan mendukung program Lions Internasional adalah kesempatan mengasah tingkat kepedulian ke ruang yang lebih luas, terbuka dan berperan aktif dalam kegiatan sosial.

Pada kesempatan tersebut, LCJA menyerahkan tiga (3 set) tempat sampah kepada MIM MUTU dan praktik pilah pilih sampah sesuai kategorinya, yaitu organik, anorganik, residu dan B3.

Usai pilah- pilih sampah dan menempatkannya di tong sampah, kegiatan diakhiri dengan makan bersama dengan riang. Ikut berpartisipasi baksos berikutnya.