Advertisement Section
Header AD Image

Mengenal Karakter Jenis Musik Punk

Matrasnews.com – Mengenal jenis Musk punk, baik sebagai budaya anak muda atupun musik sangat sulit, karena punk banyak memiliki sejarah. Kalau kita berbicara mengenai budaya, terutama fashion maka banyak yang mengatakan punk muncul di Inggris tepatnya pada tahun 1976 ketika band Sex Pistols terbentuk dan menghentak publik Inggris dengan segala atribut dan lagu guna menunjukkan perlawanan terhadap pemerintah.

Akan tapi, ketika kita berbicara mengenai musik, maka musik punk lahir di Amerika pada 1970-an dengan The Ramones sebagai band punk rock pertama dan banyak memberikan pengaruh terhadap kemunculan band-band punk lainnya baik di Amerika maupun di Inggris. Perbedaan pendapat ini bisa kita lihat di berbagai macam situs punk dan forum tempat punker mengeluarkan pendapat di internet. Terlepas dari perbedaan pendapat tersebut, fase awal pembentukan dan kemunculan punk sebagai sebuah jenis musik baru dipastikan berlangsung di Amerika Serikat antara tahun 1965-1974.

Setiap genre atau jenis musik dalam perkembangannya sudah pasti adalah perkembangan dari musik atau band-band sebelumnya yang berhasil menyebarkan pengaruh kepada musisi atau band generasi selanjutnya. Hal itu dapat dibuktikan, seperti musik rock ‘n’ roll yang mempunyai akar musik dari blues, heavy metal yang merupakan gabungan dari musik psychedelic dan blues, begitu juga dengan musik lainnya seperti
rock, pop, punk, dan disco.

Baca Juga : Melodia Musik Gelar Lelang Amal Bertema MelodiaPeduli

Musik punk sendiri tidak begitu saja lahir secara tiba-tiba di tengah masyarakat Amerika, tetapi musik-musik yang ada sebelumnya juga memiliki peran terhadap kelahiran musik ini. Musik punk, sama seperti jenis-jenis musik lainnya, baru akan diidentifikasi sebagai sebuah jenis musik baru setelah mencapai bentuknya yang utuh. Hal ini sejalan dengan pendapat Ronald Byrnside bahwa setiap jenis musik biasanya mengikuti pola perkembangan yang terdiri atas tahap pembentukan, kristalisasi, dan kemunduran.

Selama berada dalam tahap pembentukan, perbedaan antara jenis musik yang baru dengan jenis musik pendahulunya masih belum tampak jelas. Pada tahap ini pula jenis musik yang baru tersebut cenderung untuk melewati sebuah proses pembentukan di mana di dalamnya mereka melepaskan diri dari para pendahulunya. Nantinya,
setelah memasuki tahap kristalisasi, barulah jenis musik yang baru tersebut secara sadar diakui dan dikenali sebagai sebuah jenis musik baru yang berbeda.

Demikian pula halnya dengan musik punk yang pada awal pembentukannya para pendahulu musik punk telah melalui sebuah proses pembentukan dimana di dalamnya mereka melepaskan diri dari para band-band pendahulunya, dalam hal ini musik garage rock, dan membentuk sebuah peleburan dari berbagai jenis musik yang berasal dari band-band garage rock tertentu. Berdasarkan hal diatas, musik punk pada dasarnya merupakan peleburan dari berbagai macam dua jenis musik yaitu rock ’n’ roll dan garage rock. Ini dapat dilihat dari karakter dua musik tesebut yang banyak memiliki kesamaan, seperti durasi lagu yang cepat dan irama yang cepat.

Baca Juga : Habitat Indonesia Gelar Konser Amal NTT Adalah Kita

Dalam perkembangannya, musik punk memang mendapatkan sebutan punk rock pada tahun 1970-an, tapi akar musiknya telah berkembang jauh sebelumnya yaitu pada era 60-an tepatnya tahun 1965 ketika terbentuknya band The Velvet Underground. Band ini selanjutnya berkembang menjadi band yang punya cukup pengaruh karena mereka menampilkan sesuatu yang berbeda pada saat itu yang pada akhirnya di ikuti oleh band-band yang bermunculan setelahnya, seperti The Stooges, MC5, The New York Dolls, dan Modern Lovers, band-band ini disebut juga proto punk.

Kata proto punk sendiri memiliki arti yang sulit untuk didefinisikan. Secara garis besar dapat dikatakan proto punk bukan menunjukkan sebuah gerakan-gerakan perlawanan yang dilakukan oleh kaum muda seperti punk yang anti kemapanan dan mengusung ideologi anarki atau untuk menunjukkan sebuah genre musik, melainkan sebutan untuk band-band yang mengilhami lahirnya musik punk, baik dari segi musik, gaya permainan, struktur lagu, attitude.

Dilihat dari segi musik banyak band-band proto punk yang memainkan musik rock ‘n’ roll, rock, hard rock, dan garage rock. Akan tetapi, ada beberapa hal yang membedakan, di antaranya dari spirit di dalam lagu yang diusung oleh band-band proto punk, sound yang berisik, serta sikap dan penampilan mereka yang lebih terlihat urakan dan aneh pada saat itu. Karena perbedaan tersebut banyak yang menyebutkan band-band tersebut beraliran garage rock.

Band-band yang disebutkan di atas punya cukup pengaruh terhadap fase awal pembentukan musik punk karena musik yang mereka mainkan, sikap dan penampilan mereka banyak menginspirasikan kemunculan musik punk yang dimotori oleh band-band generasi berikutnya.

(*) Matrasnews.com / M.Fahri ,D