Advertisement Section
Header AD Image

Menteri LHK Siti Nurbaya Lepas Tiga Ekor Lumba – Lumba

Matras News – Pelepasliaran tiga ekor Lumba-lumba dengan nama Johny (30), Rambo (20) dan Rocky (10), Untuk kali pertama kalinya di dunia.

Kegiatan pelepasliaran secara resmi dilakukan secara langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya pada rangkaian Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2022, di Taman Nasional Bali Barat, pada tanggal 3 September 2022.

Ketiga lumba-lumba tersebut dilepasliarkan setelah sekian lama bersama pameran lumba-lumba yang tidak kurang dari 7-8 tahun. Sedikitnya mereka membutuhkan waktu selama 3 tahun rehabilitasi dan dilatih, serta dipulihkan sifat-sifat alaminya.

Lumba-lumba Johny yang semula tidak dapat menggigit ikan, akhirnya dilakukan pemasangan gigi dan berhasil dilakukan tanpa menyakiti, serta berhasil mengembalikan perilaku menangkap ikan hidup di alam.

“Selamat menjalankan kebebasan kalian ya Johny, Rambo dan Rocky, terima kasih atas kerja keras kawan-kawan dari Taman Nasional Bali Barat dan didukung oleh Jaringan Satwa Indonesia (JAAN), sahabat saya Femke dan ahli lumba-lumba dari Florida Dr Richard Barry.

Thank you very much pak Rick for the great work for Indonesia and for the global community thank you all. let Indonesia lead the way,” ujar Menteri LHK.

(her)