Advertisement Section
Header AD Image

Saint Helena: Pulau Sejarah yang Terisolasi

Matras News – Saint Helena, sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Atlantik, telah menjadi saksi bagi banyak peristiwa bersejarah yang menarik.

Dikenal sebagai tempat pengasingan Napoleon Bonaparte, pulau ini memiliki sejarah yang kaya dan unik.

Penemuan dan Awal Sejarah

Pulau ini pertama kali ditemukan oleh pelaut Portugis pada tahun 1502 dan diberi nama Saint Helena oleh seorang pelaut Belanda, Jan Huyghen van Linschoten, pada tahun 1588.

Namun, pulau ini tidak dihuni oleh bangsa Eropa sampai abad ke-17 ketika Inggris mendirikan sebuah pos perdagangan di sana pada tahun 1659.

Tempat Pengasingan Napoleon Bonaparte

Salah satu bab terkenal dalam sejarah Saint Helena adalah pengasingan Napoleon Bonaparte ke pulau ini pada tahun 1815 setelah kekalahan Waterloo.

Napoleon menghabiskan enam tahun terakhir hidupnya di pulau ini hingga kematiannya pada tahun 1821. Makamnya di Longwood House masih dapat dikunjungi hari ini.

Peran Penting dalam Penjelajahan Laut

Selama era penjelajahan, Saint Helena menjadi pos perantara yang sangat penting bagi kapal-kapal yang berlayar antara Eropa, Afrika, dan Amerika Selatan.

Pulau ini menjadi tempat perhentian yang vital untuk mengisi air dan persediaan makanan.

Modernisasi dan Aksesibilitas

Hingga tahun 2017, Saint Helena tetap terisolasi karena kurangnya akses udara yang mudah. Namun, pada tahun itu, bandara internasional baru dibuka, menghubungkan pulau ini dengan dunia luar.

Ini telah membuka pintu bagi lebih banyak wisatawan dan kemajuan ekonomi.

Wisata dan Keindahan Alam

Saint Helena menawarkan keindahan alam yang luar biasa, termasuk pemandangan pegunungan yang spektakuler, pantai-pantai yang indah.

Dan kehidupan laut yang kaya. Semakin banyak orang datang ke pulau ini untuk mengeksplorasi kekayaan alamnya.

Saint Helena adalah bukti hidup dari bagaimana sejarah dan alam dapat berkumpul di suatu tempat yang terpencil di tengah samudra.

Dengan sejarahnya yang unik dan keindahan alamnya yang menakjubkan, pulau ini terus menjadi tujuan menarik bagi para pelancong dan sejarawan. (*/sb)