Advertisement Section
Header AD Image

Omah Gondhol Tempat Untuk Berkreasi

Matrasnews.com – Yogyakarta, kota yang memiliki berbagai destinasi wisata, wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, dan edukasi, tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung  ke Kota Yogyakarta, tak cukup rasanya bila hanya sehari tinggal di Jogja untuk menikmati wisatanya.

Baca Juga : Perpaduan Antara Tari Musik Vocal dan Dialog

Yogyakarta, Ketika kita berada di Yogyakarta tak asing lagi dengan suara gamelan yang berada di beberapa tempat, contohnya di malioboro, suaranya yang indah dan mempunyai ciri khas tersendiri menemani para pengunjung yang berada di malioboro.

Gamelan sendiri diciptakan pada tahun 167 saka (230 M), oleh Batara Guru, Batara Guru sendiri merupakan seorang Raja yang memerintah seluruh Jawa yang berasal dari Istana Wukir Mahendra Giri di Medang Kamulan.

Berbicara tentang gamelan, pasti tidaklah asing bagi masyarakat Yogyakarta dengan sebuah lokasi yang bernama Omah Gondhol, Omah Gondhol sendiri merupakan tempat, dimana disitu berdiri salah satu orkes, yang bernama Orkes Omah Gondhol, berlokasi di Nglebeng, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, atau berjarak 7,9 KM dari pusat kota Yogyakarta.

Selain kita bisa melihat latihan gamelan, untuk mengisi suatu acara dengan ijin terlebih dahulu, di omah gondhol juga terdapat orkes omah gondhol, dimana orkes ini membawakan lagu-lagu keroncong yang sangat enak untuk didengar.

(*) Matrasnews.com