Advertisement Section
Header AD Image

Seniman Otodidak Mengubah Kecoa Mati Menjadi Karya Seni Lukis

Matras News – Brenda Delgado, seniman otodidak bersal dari Manila, Filipina, melukis kecoa mati menjadi karya seni mini yang terinspirasi oleh karya klasik seperti Starry Night atau Girl With a Pearl Earring.

Ketika berbicara tentang media seni yang tidak biasa, sulit untuk menemukan sesuatu yang lebih aneh dari kanvas pilihan Brenda Delgado. Penduduk Caloocan City di Manila, 30 tahun, mendapat ide untuk melukis kecoak mati sambil menyapu beberapa serangga mati dari ruang kerjanya. Dia memperhatikan betapa mengkilap dan halusnya sayap kecoa, berhenti sejenak, dan entah bagaimana berpikir untuk mengecatnya. Dia mulai menggunakan cat minyak untuk menciptakan versi kecil dari mahakarya klasik seperti Van Gogh’s Starry Night atau Vermeer’s Girl With a Pearl Earring, dan karyanya segera mulai menarik perhatian online.

“Kepada rekan-rekan seniman, jangan takut untuk mengeksplorasi bakat Anda dan menantang diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang menurut Anda tidak mungkin,” tulis Delgado dalam salah satu unggahan Instagram-nya.

Lukisan-lukisan Brenda Delgado yang tidak konvensional mendapat reaksi beragam di media sosial, dengan beberapa pengguna media sosial memuji orisinalitasnya, dan yang lain menuduhnya melakukan kekejaman terhadap hewan, bahkan jika serangga yang dia gunakan ditemukan mati, bukan dibunuh untuk dijadikan kanvas. 

”Tampaknya tidak kejam. Jangan berpikir bahwa selama napas sekarat saya di ranjang rumah sakit, saya akan menghargai seseorang yang datang untuk melukis setengah dari tubuh saya,” tulis seseorang. “Kalau kecoanya sudah mati, biarlah – tapi kelihatannya keras dan kejam. Banyak bicara tentang (kurangnya) empati artis ”.

Dengan lebih dari 300 pengikut di Instagram pada saat penulisan ini, Brenda Delgado baru memulai perjalanannya menjadi bintang artistik online, dan, karena media yang dipilihnya, saya pikir jalan ke depan akan relatif sulit. Kebanyakan orang tidak menyukai kecoak, dan mengecat mereka tidak akan banyak membantu.

(red/ac)