Advertisement Section
Header AD Image
Venue PON XXI Sumut, Ketum KONI Pusat Targetkan Juli 2024 Selesai

Venue PON XXI Sumut, Ketum KONI Pusat Targetkan Juli 2024 Selesai

Matras News – Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman mengatakan pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI sudah 90 persen rampung, dan berjalan sesuai dengan progres yang telah ditetapkan sehingga Juli 2024 semuanya ditargetkan sudah selesai.

Demikian dikatakan Ketum KONI Pusat saat meninjau beberapa venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di wilayah Sumatra Utara (Sumut) pada Selasa 2 April 2024. Sebelumnya pada 26-27 Maret 2024, Ketum KONI Pusat sudah meninjau venue di wilayah Aceh. 

Dengan didampingi Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON XXI wilayah Sumut Afifi Lubis dan Kadispora Baharuddin Siagian beserta jajarannya, rombongan mengawali tinjauan ke Sumut Sport Center di Desa Sena Kabupaten Deli Serdang dan diakhiri Gedung Bowling Disporasu. 

“Venue yang kami lihat tadi progresnya 90 persen,” terang Ketum KONI Pusat. 

Pertama ditinjau adalah Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center. Secara keseluruhan venue sudah dalam kondisi baik dan kualitas pembangunannya bagus.

Selanjutnya rombongan melihat Martial Arts Arena. Venue megah tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan beberapa cabang olahraga. Diharapkan ke depan, pasca PON XXI, venue tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat, khusus masyarakat olahraga prestasi. Secara umum venue sudah rampung.

Terakhir di Sumut Sport Center, rombongan melihat Stadion Utama Sumatra Utara yang akan menjadi lokasi Wapres RI Ma’ruf Amin menutup PON XXI Aceh-Sumut pada 20 September 2024. 

Stadion kebanggaan Sumut itu merupakan dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kapasitasnya mampu menampung 25.750 penonton dengan Royal Lounge untuk VVIP dan sudah menggunakan teknologi ramah lingkungan, yakni Solar Panel. Teknologi hijau itu mampu memberikan dampak efisiensi listrik 7 persen/tahun. 

“Stadion Utama yang dibangun oleh PUPR memang tahapannya hari ini baru 26 persen, tetapi ada kemajuan 7 persen sehingga capaiannya 33 persen,” terang Ketum KONI Pusat mengapresiasi. 

“Perkiraan Stadion Utama itu akan selesai nanti pada bulan Agustus, tetapi diharapkan akhir Juli sudah selesai sehingga bisa dipakai untuk persiapan-persiapan lainnya.,” sambungnya merujuk pada test event. 

Juli 2024, tepatnya pertengahan merupakan target yang juga ditetapkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy, kala meninjau Aceh 27 Maret 2024.

Usai melihat stadion utama, rombongan menuju Gedung Bowling Disporasu. Percobaan memainkan boling pun dilakukan oleh rombongan dan terbukti venue sudah siap. 

“Saya optimis Sumatera Utara bisa menepati waktu untuk penyelesaian venue-venuenya.,” tambahnya. 

“Sekarang KONI Pusat dengan PB. PON XXI wilayah Sumatera Utara, kita melaksanakan rapat koordinasi tentang teknis penyelenggraan PON XXI/2024,” jelas Ketum KONI Pusat. 

Atas seluruh kerja keras yang dilakukan, Ketum KONI Pusat berterima kasih, mengapresiasi dan memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Ketua PB PON XXI wilayah Sumut yang mana juga Pj Gubernur Sumut Mayjen TNI Purn. Hassanudin dan jajarannya serta masyarakat Sumatra Utara. 

Diagendakan pada malam harinya, pertemuan antara Ketum KONI Pusat dan Pj Gubernur Sumut membahas persiapan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Demi membuat PON XXI Aceh-Sumut lebih baik dari PON-PON sebelumnya, KONI Pusat selalu memantau setiap langkah persiapan. 

Sumut akan mempertandingkan cabang olahraga antara lain di:

  • Kota Binjai
  • Kota Medan
  • Kab. Langkat
  • Kab. Deli Serdang
  • Kab. Serdang Bedagai
  • Kota Pematang Siantar
  • Kab. Toba
  • Kab. Simalungun
  • Kab. Karo