Advertisement Section
Header AD Image

Hati-hati Efek Samping Tubuh Kurang Tidur

Matras News – Tidur merupakan kegiatan mengistirahatkan tubuh dan pikiran, apabila tubuh kita kurang tidur maka menimbulkan efek samping yang berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. 

Dilansir dari Primaya Hospital, efek samping kurang tidur dapat muncul dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

General Practitioner Primaya Hospital Bekasi Timur dr. Ishvara Riddhi P menjelaskan, Tidur adalah sebuah aktivitas akhir yang banyak dilakukan pada malam hari. Aktivitas tidur dapat membantu mengistirahatkan tubuh dan pikiran karena aktivitas yang dilakukan seharian penuh. Ada banyak sekali dampak berbahaya akibat kurang tidur.

Menurut Dokter Riddhi ternyata kurang tidur dapat menurunkan kualitas hormon saat melakukan hubungan intim. “Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism pada tahun 2002, menyebutkan bahwa orang yang menderita “Sleep Apnea” memiliki tingkat hormon testosteron yang rendah,”ujarnya.

Penyakit akan mudah datang ketika tubuh anda terlalu diforsir dengan kegiatan yang memaksa Anda begadang. Banyak risiko penyakit jangka panjang akibat kurang tidur. Dokter Riddhi menyarankan Anda untuk tetap menghindari begadang sebisa mungkin karena tubuh kita dirancang dengan sebuah keseimbangan. Ada saatnya bekerja dan ada saatnya juga untuk istirahat atau tidur.

Efek Samping Kurang Tidur

Pusing, Susah Konsentrasi dan Gangguan Memori

Muka Pucat dan lingkaran hitam di bawah mata

Pola Makan tidak teratur

Daya Tahan Menurun

Mudah Mengantuk

Bagaimana Cara Mengurangi Resiko Bahaya Begadang:

Perbanyak Minum Air Putih

Hindari Makanan Berminyak dan Cepat Saji

Konsumsi Vitamin dan Biji Nabati

Olahraga Sore

Mandi Air Hangat di Pagi Hari

Untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan dan mendapat informasi paket-paket Medical Check Up, Anda dapat menghubungi Customer Care Primaya Hospital Bekasi Timur di 021 8267 9999. Semoga bermanfaat.. (*/hr)