Advertisement Section
Header AD Image
Jangkau Talenta Muda Indonesia di Taiwan lewat IT-Connects 2024 Talent Fest

Jangkau Talenta Muda Indonesia di Taiwan lewat IT-Connects 2024 Talent Fest

Matras News – Kemendag melalui Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei menyelenggarakan Indonesia-Taiwan Competence Network for Hi-Tech & Industrial Investments (ITConnects) 2024: Talent Fest pada 24 Maret 2024 di Kaohsiung, Taiwan.

IT-Connects merupakan kegiatan dari KDEI Taipei yang diselenggarakan tiap tahun. Kegiatan ini menjadi titik temu diaspora Indonesia di Taiwan, khususnya pelajar yang sedang menempuh studi dan profesional yang bekerja, dengan perusahaan-perusahaan Taiwan yang mencari talenta baru.

“Melalui IT-Connects 2024: Talent Fest, KDEI Taipei terus berusaha untuk menjembatani kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan Taiwan dengan ketersediaan talenta Indonesia di Taiwan,” kata Kepala KDEI Taipei Iqbal S. Shofwan yang membuka acara tersebut.

IT-Connects 2024 terselenggara atas kerja sama dengan asosiasi tenaga kerja profesional yaitu Young Indonesian Professionals Association (YIPA) Taiwan dan platform jejaring tenaga kerja profesional di Taipei yaitu Ur Insider.

Kaohsiung di selatan Taiwan merupakan kawasan yang terkenal sebagai pusat industri dan pariwisata di Taiwan. Kota ini pun dipilih sebagai lokasi kegiatan untuk menjangkau talenta muda Indonesia di kawasan selatan dan tengah Taiwan. IT-Connects 2022 dan 2023 diadakan di Taipei, sehingga banyak pelajar dan profesional Indonesia di wilayah tengah dan selatan Taiwan yang belum bisa berpartisipasi.

“IT-Connects 2024: Talent Fest diselenggarakan di Kaohsiung untuk dapat lebih menjangkau talenta muda Indonesia di wilayah selatan dan tengah Taiwan.

Kaohsiung dipilih untuk memenuhi permintaan dari diaspora Indonesia agar KDEI Taipei menyelenggarakannya di wilayah tengah atau selatan Taiwan,” ungkap Iqbal.

Menurut Iqbal, sebanyak 154 orang peserta yang berasal dari Taichung, Tainan, dan Kaohsiung hadir dalam acara ini.

Para peserta dapat berinteraksi dengan perusahaan-perusahaan Taiwan yang tengah mencari talenta Indonesia.

Di sisi lain, sebanyak delapan perusahaan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Lebih dari 30 lowongan kerja di berbagai sektor seperti pariwisata, keuangan, teknologi, logistik, dan perdagangan ditawarkan di acara tersebut.

Sementara itu, para peserta dapat berkonsultasi tentang pembuatan daftar riwayat hidup (curriculum vitae) dengan perusahaan CakeResume dan mendapatkan bimbingan karir dengan para profesional dari YIPA Taiwan.

Selain itu, para peserta juga dapat menjalani wawancara terbuka (walk-in-interview) dengan perusahaan Taiwan.

Iqbal juga menyampaikan, IT-Connects dapat memberikan manfaat bagi para pelajar dan profesional Indonesia di Taiwan dengan membuka jejaring ke perusahaan di Taiwan dan belajar dari pengalaman profesional lain yang telah bekerja.

“Sehingga, para pelajar dapat mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja dan profesional Indonesia di Taiwan dapat memiliki karakteristik yang kuat,” kata Iqbal.

IT-Connects 2024: Talent Fest menghadirkan narasumber, antara lain, Kepala Bidang Investasi KDEI Taipei Ali Fauzi, Kepala Bidang Pariwisata dan Perhubungan KDEI Taipei Ichwan Joesoef, dan Analis Bidang Tenaga Kerja KDEI Taipei Kadir.

Para narasumber menyampaikan paparan mengenai peluang investasi dan pariwisata di Indonesia serta hak-hak para pekerja migran Indonesia.

Selain itu, Ali Fauzi memperkenalkan platform IT-Connects yang dapat dimanfaatkan perusahaan pencari tenaga kerja Indonesia di Taiwan.

Platform ini juga memudahkan para pencari kerja untuk mencari lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan-perusahaan Taiwan.

Selain narasumber dari KDEI Taipei, turut hadir narasumber dari kalangan profesional Indonesia di Taiwan yaitu R&D Engineer di Everwide Chemical Co. Valencia Elvira Sugiharto dan Travel Planner di My Taiwan Tour Travel Agency Fathin Nur Aulia Husna. Keduanya berbagi pengalaman dalam meniti karir di Taiwan.

Sementara itu, IT-Connects 2024: Talent Fest juga memberi kesempatan kepada CakeResume dan BRI Taipei untuk mengisi sesi Company Sharing.

Melalui sesi tersebut, para peserta bisa mendapatkan pemahaman mengenai bidang usaha perusahaan-perusahaan tersebut serta program-program yang mereka miliki.

IT-Connects 2024: Talent Fest merupakan penyelenggaraan IT-Connects yang ketiga kalinya setelah penyelenggaraan pertamanya pada 21 Desember 2022 lalu. Hingga saat ini, IT-Connects telah menghadirkan lebih dari 15 perusahaan Taiwan dan menghubungkan mereka ke talenta-talenta Indonesia yang ada di Taiwan.

Selain itu, lebih dari 50 lowongan kerja telah ditawarkan. IT-Connects juga telah dihadiri lebih dari 200 orang peserta dari kalangan pelajar dan profesional Indonesia di Taiwan.