Advertisement Section
Header AD Image

Kota Depok Disebut Sebagai Kota dengan Petir Terganas di Dunia

Matras News – Sebagai salah satu Kota yang menunjang kehidupan di Jakarta, depok memiliki keunikan sendiri nih, Kota yang memiliki 11 Kecamatan dan 63 Kelurahan, dijuluki sebagai Kota Petir.

Kota Depok disebut sebagai kota petir, dikarenakan Kota ini memiliki petir yang paling berbahaya di-dunia dan paling sering terjadi dasyatnya sambaran petir yang kerap terjadi di-Depok, membuat Kota ini terdaftar dalam Guinness Box of World Record.

Dilansir dari akun tiktok Paragram,id, Sebagai kota dengan petir paling ganas di dunia, Menurut penelitian oleh Profesor Reynaldo Zoro dari Institut Teknologi Bandung atau ITB di sekitar 2002,

Kota Depok memiliki arus petir negatif berkekuatan 379,2 kilo ampere, dan petir positif mencapai 441,1 kilo ampere kekuatan petir yang sangat besar tersebut mempunyai dampak yang cukup mengerikan, di-mana Gedung yang terbuat dari beton sekalipun bisa luluh di buatnya.

Daerah Sawangan dan Cinere menjadi dua wilayah yang paling rawan di sambar petir, ini penyebab adanya kekuatan ganas dari petir di Kota Depok.

Lantaran wilayah tersebut di pengaruhi Angin lembab dan Angin gunung dari bukit barisan, serta adanya angin darat dari angin laut kepulauan Riau dan Selat Malaka.

Baca Juga : Sudin Kebudayaan Jaksel Sosialisasi Pemadanan NIK dan NPWP Kepada Pelaku Seni Budaya

Kandungan besi tanah di kota ini juga sangat tinggi yang menyebabkan sambaran negatif, lebih tinggi daripada sambaran positif berdasarkan data dari PLN telah terjadi 340 kali sambaran positif, 8.520 kali sambaran negatif, dan 1.151 sambaran antar awan.

Kekuatan maksimum yang tercatat besar 290,2 kilo ampere.

Untuk warga Depok atau yang lagi main ke Depok, kalau ada hujan dan petir melanda lebih baik meneduh dahulu dan cari tempat aman.