Advertisement Section
Header AD Image

Sandiaga Uno Dorong Ekraf di Gianyar Bali dapat Bersaing di Kancah Internasional

Matrasnews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terus berusaha menggerakkan perekonomian masyarakat dengan mendorong UMKM bangkit dan naik kelas di tengah situasi pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Berbagai cara dan usaha untuk kembali meningkatkan dan menstabilkan perekonomian terus dilakukan, salah satunya dengan melakukan pendampingan serta pelatihan secara offline maupun online.

Sandiaga Uno mengatakan, Kabupaten Gianyar, Bali menyimpan banyak potensi dan sangat kaya dengan atraksi pariwisata serta budaya, mulai dari keindahan alam, kesenian hingga wisata kuliner. Kemenparekraf sangat mendukung pelestarian alam dan budaya serta kesejahteraan.

“Kalau di Kabupetan Gianyar tentunya kita sudah tahu, di sini banyak sekali kerajinan yang bisa dikembangkan dan naik kelas menjadi tingkat internasional,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (26/9/2021).

Karena itu, Sandiaga akan membantu masyarakat dan UMKM di Gianyar meningkatkan kualitas kerajinannya lewat workshop atau pelatihan yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Dia berharap melalui pelatihan ini, kualitas produksi kerajinan di wilayah tersebut bisa terus naik kelas dan bersaing di kancah internasional.

“Ada pelaku profesionalisme yang akan kita undang untuk meningkatkan kualitas para perajin, sehingga akan ada peningkatan baik secara kualitas dan juga kuantitasnya,” ucap Sandiaga.

Dia juga meminta pemerintah daerah untuk mendorong masyarakat ikut dalam program-program Kemenparekraf seperti Desa Wisata, Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, Program Pengembangan SDM, Baparekraf for Startup (BEKUP), Bantuan Insentif Pemerintah (BIP), BEDAKAN (Bedah Desain Kuliner Nusantara), BEGERAK (Bedah Gerai Kuliner), dan INKUBASI FESYEN & KRIYA. 

Matrasnews.com