Advertisement Section
Header AD Image
Gembira Loka yang Kian Sepi

Calon Ratu Penguasa Hutan di Taman Nasional Gunung Ciremai

Matrasnews.com – Satwa di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) bakal bertambah dengan hadirnya si cantik Rasi yang ditujukan menjadi calon ratu penguasa rimba hutan TNGC.

Rasi disiapkan untuk menjadi pendamping Slamet Ramadhan, seekor Macan Tutul Jawa jantan yang dilepasliarkan di Taman Nasional Gunung Ciremai.

Hal ini dilakukan pada 2019 lalu dan untuk memancing Slamet Ramadhan agar membuka GPS Colar, yang telah dipasang pada saat ia dilepasliarkan.

Rasi sebelumnya ditemukan di perbatasan hutan dengan permukiman warga, dengan usia perkiraan tiga sampai enam bulan.

Kemudian masyarakat Kampung Bunisari, Desa Cikondang, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut menyerahkannya kepada BBKSDA Jawa Barat, dan sekarang Rasi sudah berusia 2,6 tahun, dengan berat 50 kilogram.

Rasi tiba di kantor BTNGC pada Senin, 31 Januari 2022, pukul 04.30 WIB. Tiba di lokasi dengan ketinggian 915 MDPL memberikan kenyamanan kepada Rasi untuk berpindah tempat.

Pengkondisian kandang habituasi dilakukan dan Rasi masuk ke kandang habituasi pukul 10.00 WIB.

Koordinator spesies Macan Tutul, Robi Gumilang, menerangkan, kandang habituasi untuk Rasi sebelumnya telah disiapkan dengan seksama.

Terbuat dari rangka baja yang disusun dan disesuaikan untuk keamanan dan keselamatan Macan Tutul Jawa, luas permukaan totalnya mencapai 66 meter persegi, bervolume 204 m³ dan tinggi empat sampai enam meter dari permukaan tanah.

Tiga hari sebelumnya, tim juga telah memasang CCTV untuk mengawasi pergerakan Rasi selama di kandang habituasi.

Nantinya, setelah Rasi berada di kandang habituasi, maka tahap selanjutnya adalah menunggu apakah keberadaan Rasi di kandang habituasi akan mengundang Slamet Ramadhan untuk keluar?

Atau Slamet Ramadhan yang menunggu Rasi di kawasan TNGC. Dikutip dari mountnesia.

(*)