Advertisement Section
Header AD Image

Dua Rasaksa Asia Jepang dan Korea Selatan Bertemu di Final Piala Asia U-17 2023

Matras News – Final Piala Asia U-17 2023 di Thailand akan mempertemukan dua kekuatan Asia Timur, Jepang dan Korea Selatan, setelah masing-masing melewati adangan lawan di babak empat besar.

Jepang yang merupakan juara bertahan turnamen menang telak 3-0 atas Iran di Stadion Thammasat, Kamis (29/6). Ryunosuke Yada memecahkan kebuntuan untuk Jepang hanya sepuluh menit pascasepak mula, dan Kohei Mochizuki menggandakan skor seperempat jam berselang.

Keunggulan telak Jepang terkonfirmasi berkat gol penyerang bernomor punggung 10 mereka, Ryunosuke Sato, pada paruh kedua

Pada hari yang sama di tempat berbeda, Korea Selatan menundukkan perlawanan Uzbekistan dengan skor minimalis 1-0. Gol semata wayang Baek In-woo di pertengahan babak pertama sudah cukup meloloskan Taegeuk Warriors ke partai puncak untuk bertemu Jepang pada Minggu (2/7) lusa di Stadion Pathum Thani.

Selain juara bertahan edisi 2018 (turnamen 2020 di Bahrain dibatalkan karena COVID-19), Jepang juga berstatus negara tersukses kejuaraan dua tahunan ini dengan tiga trofi juara.

Sementara, Korsel sendiri membidik gelar ketiga setelah sebelumnya menjuarai Piala Asia U-17 1986 dan 2002.

Seluruh semi-finalis turnamen ini – Jepang, Korsel, Iran, Uzbekistan – berhak lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 2023 yang akan diselenggarakan di Indonesia. (*)