Advertisement Section
Header AD Image
KPU Kota Bekasi Siap Rekrut Pantarlih untuk Pilkada 2024

KPU Kota Bekasi Siap Rekrut Pantarlih untuk Pilkada 2024

Matras News, Bekasi – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan digelar pada November 2024 mendatang, lalu apa yang akan disiapkan? Tentunya Data Pemilih Tetap (DPT). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi siap merekrut Panitia Pemuktahiran Data Pemilu (PPDP) atau Pantarlih yang bertugas memutakhirkan data pemilih secara faktual pada 13 -17 Juni 2024.

Seperti diketahui, Pantarlih berjumlah satu orang pada tiap lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mempunyai DP4 sejumlah kurang dari 400 Pemilih dan dua orang tiap TPS jikalau DP4 lebih dari 400 Pemilih, adapaun Pantarlih berasal dari perangkat desa atau masyarakat umum yang tinggal sekitar TPS.

Komisioner Divisi Sosialisasi SDM KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi saat ditemui Matras News di Harris Hotel Bekasi mengatakan, DP4 sudah diserahkan ke Provinsi dan kita juga sudah melakukan pemetaan untuk TPS pada Pilkada 27 November 2024 mendatang ada 3671 TPS,” ungkap Afif pada, Kamis (6/6/2024).

“Tujuan adanya PPDP atau Pantarlih pada setiap penyelenggara pemilu pastinya mendata ulang jika ada masyarakat yang memang belum terdata, sedangkan temuan dari dukcapil sekitar ada 26.000 genersi Z kita yang berusia 17 tahun itu baru terekam E-KTP.

Nantinya data potensial itu, kita terjunkan tim untuk melakukan verifikasi (pemeriksaan) apakah DPT masih ada atau tidak ada, pasalnya data kemarin itu terakhir di bulan februari, diperkirakan ada persegeran atau penurunan, Namun nanti kinerja teman teman (Pantarlih) pada tanggal 23 – 25 Juli 2024,” terang Afif.

Afif menambahkan,” nantinya di TPS itu maksimal 600 pemilih yang nanti tersebar di TPS tersebut, dan ada juga yang setengah dari 600 tergantung dari wilayahnya tersebut.

Pantarlih juga akan mencocokan data potensial pemilih dan juga mensosialisasikan tahapan. Harapan kami nantinya masyarakat tahu tahapan ini sedang berjalan untuk Pilkada pada 27 November 2024 mendatang,” tutup Afif.