Advertisement Section
Header AD Image
Pj Wali Kota Bandung Himbau Masyarakat Waspada Curah Hujan Tinggi

Pj Wali Kota Bandung Himbau Masyarakat Waspada Curah Hujan Tinggi

Matras News, Bandung – Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada potensi bencana hidrometrologi.

Pasalnya, kawasan Kota Bandung masih akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa hari ke depan.

“Potensi curah hujan di Kota Bandung itu masih tinggi. Di hari ini sampai beberapa hari ke depan,” ungkap Bambang di Kawasan Braga, Jumat 12 Januari 2024.

Atas hal itu, Bambang mengimbau agar tetap berhati-hati dalam melaksanakannya aktivitas sehari-hari.

“Oleh karenanya tentunya harus lebih waspada dan lebih hati-hati,” tuturnya.

Ia pun mengimbau kepada petugas yang ada di Kota Bandung untuk siaga 24 jam membantu warga yang membutuhkan.  

“Siaga 24 jam bantu warga. Petugas juga harus siaga mengantisipasi manakala ada kejadian-kejadian yang berikutnya,” tutur Bambang.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung BMKG, Teguh Rahayu mengungkapkan, cuaca di Bandung Raya saat ini baru masuk awal musim hujan dan diperkirakan nanti puncaknya dimulai di Februari hingga Maret.  

“Jadi dengan intensitas yang cukup tinggi, cuaca ekstrim yang terkadang disertai angin lebat ataupun petir. Masyarakat harus selalu waspada. Ikutin info-info yang resmi,” tegasnya.

“Kalau sekiranya hujan sudah tinggi dan tidak berhenti-berhenti, segera evakuasi untuk mencari daerah yang lebih aman,” imbuh Ayu sapaan Akrabnya.

Ayu mengatakan, selama 7 hari ke depan cuaca mulai dari berawan hingga hujan lebat.

“Dalam tujuh hari ke depan, untuk pagi hari potensinya adalah berawan cerah hingga berawan. Untuk siang hari itu intensitas hujan sedang hingga lebat.  Untuk malam hari hujan ringan hingga sedang,” tururnya.

Di tempat yang sama, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin mengatakan, intnsitas hujan saat ini tinggi. Sehingga masyarakat tetap waspada dan berhati-hati dalam menjalankan aktivitas.

“Antisipasi intensitas hujan lebat dan sangat lebat. Kita harus berhati-hati. Kalau wilayah-wilayah yang seperti ini, jika nanti hujan lebat harus tetap mengungsi lagi. Ikuti arahan petugas,” tuturnya.