Advertisement Section
Header AD Image

Karena Anak dan Botol Air Mineral Menghasilkan Ekonomi Kreatif

Matrasnews.com – Anak adalah tunas, potensi, dan generasi penerus cita-cita dan manjadi suatu kebanggaan para orang tua. Anak memiliki peran strategis dalam menjamin eksistensi keluarga di masa mendatang,

Lalu bagaimana seorang anak bisa memberikan suatu inspirasi kepada orangtuanya untuk memanfaatkan limbah botol air mineral menjadi sebuah karya. Tentu saja sudah kita ketahui plastik memang salah satu musuh terbesar lingkungan, botol plastik bekas minuman dalam kemasan yang di manfaatkan menjadi hasil sebuah karya.

Baca Juga : Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Inovatif Pasarkan Produknya

Suatu hasil karya dari pengrajin yang di buat dari limbah botol air mineral memang sudah banyak kita jumpai dalam berbagai jenis hasil sebuah karya, salah satu dari pengrajin hasil karya yang di jumpai oleh matrasnews.com adalah pengrajin karya pembuat miniatur Ondel-ondel, di bilangan Taman Harapan Baru Kota Bekasi Jawa Barat.

Awal mula berkarya membuat miniatur ondel-ondel dari  limbah botol plastik ,nama yang akrab di sapa Doel Kenari di mulai pada tahun 2015 silam, saat dirinya mendapat ispirasi dari sang anak, dan akhrnya bermula belajar dari salah satu media informasi untuk membuatnya, tak di sangka dari hasil pembuaan miniatur ondel -ondel yang di buatnya, pesanan demi pesanan  mulai berdatangan baik di jabodetabek dan luar daerah, hampir sekitar 100 pcs setiap harinya memproduksi miniatur ondel-ondel.

Baca Juga : Menparekraf Harapkan Desa Wisata Jadi Lokomotif Perkembangan Ekonomi Tanah Air

Doel Kenari pengrajin ondel-ondel menambahkan “selepas memproduksi miniatur ondel-ondel, pada tahun 2016 saya juga memulai membuat topeng ondel-ondel dan juga membuat sepasang ondel-ondel, sudah banyak Lembaga-lembaga baik Lembaga Pemerintahan maupun swasta dan juga sekolah-sekolah, yang memesan sepasang ondel-ondel, lalu sudah ada juga dari luar daerah yang memesan sepasang ondel-ondel “katanya.

“Dari tahun 2015 sudah banyak juga saya banyak mengikuti pameran ondel-ondel, di mulai dari pameran miniatur ondel-ondel, pameran topeng ondel-ondel dan juga pameran sepasang ondel-ondel, Pada saat pandemi 2 tahun ini, sangat di rasakan sekali dampaknya, biasanya hampir setiap HUT DKI Jakarta dan berbagai acara lainnya sepasang ondel-ondel saya selalu mendapatkan kesempatan untuk mengisi acara tersebut. “ucapnya kepada Matrasnews.com.

(*) Matrasnews.com / Acha  (photo Ondel-Ondoel Kenari)